Konsumsi BBM Sumbagut Diprediksi Naik 4,56 Persen Selama Libur Akhir Tahun

"Kenaikan ini hanya untuk jenis bahan bakar Premium, Pertalite, dan Pertamax saja"
Ilustrasi kegiatan distribusi pasokan BBM (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Regional (MOR) I Sumatera memprediksi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) meningkat selama liburan Natal dan Tahun Baru 2018.

Peningkatan konsumsi tersebut diprediksi mencapai 4,56 persen untuk kawasan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

"Kenaikan ini hanya untuk jenis bahan bakar Premium, Pertalite, dan Pertamax saja," kata General Manager marketing Pertamina Region I, Erri Widiastono.

Menurutnya, dengan volume konsumsi sebanyak 15.650 kiloliter akan meningkat sebanyak 17,7 persen pada arus mudik yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 23 Desember mendatang.

Sementara untuk arus balik akan terjadi pada tanggal 3 Januari 2018 dengan perkiraan peningkatan konsumsi sebanyak 16.430 kiloliter.

Kendati demikian, pihaknya sebut Erri akan menyiapkan tambahan pasokan bahan bakar untuk mengantisipasi kekurangan selama musim libur tersebut.

"Penambahan pasokan dilakukan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan di masing-masing wilayah," tutur Erri kemudian.

Sedangkan di sisi lain, untuk konsumsi BBM jenis Gas Oil seperti solar diprediksi akan menurun hingga angka 4,5 persen pada libur panjang natal dan tahun baru kali ini.

"Kemungkinan untuk jenis Gas Oil akan menurun dikarenakan banyaknya perusahaan yang akan meliburkan karyawannya pada libur panjang kali ini,"pungkas dia kemudian.

[Halbert Chaniago]