Pemkab Mentawai Gandeng BPOM Sidak Makanan Kedaluwarsa

"dalam sidak tersebut pihaknya berhasil menyita berbagai makanan dan minuman, peralatan bayi dan jajanan/makanan yang mengandung bahan pengawet"
Barang-barang hasil sidak BPOM di Mentawai (mentawaikab.go.id)

KLIKPOSITIF -- Pada Perayaan Natal dan jelang masuknya Tahun Baru, petugas gabungan dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menggelar sidak (inspeksi mendadak) terhadap makanan dan minuman di sejumlah minimarket yang ada dikawasan Tuapeijat Km 0.

Dalam sidak kali ini, BPOM melibatkan petugas dari Diskoperindag, Dinkes, Satpol PP dan Polres Mentawai. Petugas gabungan menyasar minimarket yang ada di Tuapeijat. Di lokasi itu, petugas menemukan beberapa makanan dan minuman yang kedaluwarsa.

Kadis Koperindag, Elisa Siriparang mengatakan, dalam sidak tersebut pihaknya berhasil menyita berbagai makanan dan minuman, peralatan bayi dan jajanan/makanan yang mengandung bahan pengawet. "Barang-barang ini kami sita untuk dibawa ke gudang Diskoperindag dan kemudian dimusnahkan," ungkap Elisa.

Elisa menjelaskan, sidak kali ini dilakukan untuk menjamin makanan dan minuman yang beredar di Tuapeijat aman dikonsumsi masyarakat pada perayaan Natal dan jelang Tahun Baru. Atas temuan ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih teliti dalam membeli makanan, khususnya jajanan anak-anak.

"Kami juga memberi pemahaman kepada penjual agar lebih teliti ketika mendapat tawaran dari sales makanan yang datang. Jangan menerima yang tidak layak konsumsi," tandasnya. (adv)

sumber: mentawaikab.go.id