SiPadlih, Aplikasi KPU Padang yang Dapat di Download Melalui Android

SiPadlih, Aplikasi KPU Padang
SiPadlih, Aplikasi KPU Padang (net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Sebuah inovasi dalam sosialisasi kembali muncul. Kali ini, KPU Kota Padang yang melakukannya. Di sini, aplikasi " Padang Memilih" atau SiPadlih yang dirancang sebagai jendela informasi berbasis teknologi bagi warga Kota Padang , dapat diunduh dengan mudah melalui kanal play store.

Setidaknya "temuan" ini akan memperkaya strategi sosialisasi pemilu . Inovasi seperti ini seharusnya dapat menginspirasi jajaran KPU di daerah lain.

Kasubbag Teknis & Hupmas KPU Kota Padang , Sutrisno, yang ditemui Tim Supervisi Sosialisasi Setjen KPU RI mengatakan, langkah itu ditempuhnya karena berdasarkan data riset yang dilakukan di Kota Padang , media sosial meraih porsi sebesar 15,8 persen yang dipilih oleh masyarakat sebagai sumber informasi dan sosialisasi kepemiluan.

Baca Juga

"Selain data berbasis riset, kami juga terinspirasi dari anak-anak muda yang mengikuti kegiatan jambore demokrasi di Kota Padang beberapa bulan lalu. Mereka adalah para calon pemilih pemula pada Pilwako Padang 2018 nanti," ungkap Sutrisno, dilansir dari laman KPU .

Lanjut Sutrisno, anak-anak muda yang masih duduk di bangku SMU itu mayoritas menginginkan agar informasi kepemiluan disampaikan melalui kanal-kanal media sosial, karena dalam kesehariannya mereka sangat akrab dengan gadget .

"Media luar ruang, media cetak dan _print ad_ tetap kami buat. Tapi sosialisasi melalui media sosial sebisa mungkin kami beri porsi lebih besar," imbuh Rino.

Rino menegaskan, dengan menempatkan aplikasi SiPadlih pada kanal play store, masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi kepemiluan di Kota Padang .

"Tinggal _search_ SiPadlih pada play store, unduh, maka informasi Pilwako Padang dapat tersebar dengan viral," katanya.

Hingga Rabu (27/12) aplikasi tersebut telah diunduh 100 pengguna android dengan 12 orang yang mengomentari. (*)

Sumber: KPU

Baca Juga

Penulis: Eko Fajri