Pemprov Sumbar Torehkan Hasil Positif di Tahun 2017

"Begitu banyak torehan dalam suksesnya pembangunan, baik dari segi insfrastruktur maupun peningkatan perekonomian bahkan pariwisata"
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kilas balik penyelengaraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) dalam satu tahun sudah berjalan di 2017. Begitu banyak torehan dalam suksesnya pembangunan, baik dari segi insfrastruktur maupun peningkatan perekonomian bahkan pariwisata.

"Setahun ini banyak sekali pembangunan yang kita lakukan untuk memberikan efek positif bagi masyarakat. Baik itu dari pembangunan insfrastruktur maupun yang menunjang perekonomian," ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat ekspos akhir tahun Gubernur Sumbar 2017.

Disebutkannya, laju inflasi Sumbar terus terkendali dari bulan ke bulan. Bahkan, Sumbar mendapatkan penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik 2017 untuk kawasan Sumatera dengan keberhasilan dalam mengendalikan inflasi, terutama pada saat Ramadhan dan Lebaran 2017.

"Untuk mengatasi inflasi di Sumbar, kita meminta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) perlu ada di Sumbar, supaya pengawasan terhadap pengusaha yang bergerak di sektor pangan bisa lebih ketat. Termasuk, semua komoditi pangan sebagai indikator penyebab inflasi dikelola dengan baik seperti, cabai dan jengkol," katanya.

Selain itu, dia juga pernah mengusulkan harga tiket pesawat Jakarta-Padang dan sebaliknya yang melonjak sangat tinggi setiap Ramadhan dan Lebaran juga harus menjadi perhatian dalam pengendalian inflasi di Sumbar. Tidak hanya itu, penguatan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) juga harus menjadi perhatian serius.

Dari sektor Pariwisata, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumbar melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Pelabuhan Teluk Bayur bulan Oktober 2017 mencapai 4.826 orang dan mengalami peningkatan 11,02 persen dibanding wisman September 2017 yang tercatat sebanyak 4.347 orang.

"Sedangkan, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sumatera Barat bulan Oktober 2017 mencapai rata-rata 59,64 persen mengalami peningkatan 0,37 poin ... Baca halaman selanjutnya