Lima Pasar Terbakar di Bukittinggi Sepanjang 2017

"Total kerugian lebih dari satu triliun Rupiah"
Kebakaran Pasar Aur Kuning Bukittinggi pada 17 November 2017 (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF --Tahun 2017 sepertinya menjadi tahun yang penuh air mata bagi warga Bukittinggi, terutama untuk pedagang. Pasalnya, dari 7 pasar populer yang ada di Bukittinggi, 5 diantaranya terbakar pada tahun 2017.

Lim pasar yang terbakar itu diantaranya Pasa Ateh, Pasa Bawah, Pasa Aua Kuniang, Pasa Aua Tajungkang, dan Pasa Banto. Sementara Pasa Lereng dan Pasa Botik aman dari kejadian kebakaran pada tahun 2017.

Dalam catatan KLIKPOSITIF, kebakaran pasar pertama melanda Pasa Aua Tajungkang pada Jumat dini hari, 12 Mei 2017 yang menghanguskan sedikitnya 28 petak toko grosir aksesoris. Kerugian ditaksir mencapai 2,8 miliar rupiah. Penyebab kejadian, diduga akibat arus pendek.

Kebakaran pasar kedua terjadi di Pasa Banto, Jum'at 27 Oktober 2017 sekitar pukul 19.30 WIB, tepatnya di seberang Apotik Lima Farma. Tiga petak bangunan atau kios hangus akibat kejadian itu. Kerugian ditaksir mencapai 1 miliar. Api diketahui berasal dari salah satu kios yang kemudian merambah ke kios lainnya.

Kebakaran ketiga melanda Pasa Ateh. Ini salah satu yang terbesar dalam sejarah Bukittinggi. Sebanyak 365 dari 763 kios hangus terbakar. Bangunan bertingkat Pasa Ateh yang terbakar pada Senin 30 Oktober 2017 sekitar pukul 06.00 WIB itu dianggap tak layak lagi, dan memaksa 1.226 pedagang terdampak kebakaran dipindahkan ke kios penampungan.Hingga kini, Pemerintah Kota Bukittinggi tengah mempersiapkan penampungan Pedagang Pasa Ateh.

Total kerugian yang ditaksir Wali Kota Bukittinggi, mencapai 1 triliun Rupiah, dan penyebab kebakaran juga diduga akibat korsleting listrik.

Belum kering air mata akibat kebakaran mengerikan Pasa Ateh, api kembali mengamuk untuk keempat kalinya dan menghanguskan Pasa Aua Kuning pada 17 November 2017 sekitar pukul 04.30 WIB yang juga berdampak bagi ribuan pedagang.

Data dari Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan setempat menyebut, total yang terbakar meliputi 81 toko dan ... Baca halaman selanjutnya