Orang Ini Paling Kesal Jika ada Kembang Api di Jam Gadang, Siapa Dia?

"Saat malam tahun baru, banyak yang mengarahkan kembang api ke puncak Jam Gadang"
Pesta kembang api di kawasan Jam Gadang Bukittinggi saat malam tahun baru (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Fauzi, seorang penjaga Jam Gadang tak dapat menutupi kekesalannya terhadap "pesta" kembang api di Jam Gadang saat pergantian Tahun Baru 2017. Sebab, pengunjung banyak yang mengarahkan kembang api ke bagian puncak Jam Gadang.

Ia sangat khawatir, ledakan atau percikan kembang api bisa merusak Jam Gadang.

"Saya sudah imbau lewat pengeras suara berkali-kali agar tak ada yang mengarahkannya ke atas Jam Gadang, sayang tak didengar pengunjung," ujar pria paruh baya yang sudah bertugas menjaga Jam Gadang selama 15 tahun.

Hal ini, sebut Fauzi, berpotensi merusak Jam Gadang.

"Kalau kena bagian puncak yang pakai kaca, kan bisa pecah. Tadi malam ada yang kena itu, untungnya tidak pecah, kalau agak besaran lagi letusan kembang apinya, pasti pecah. Siapa mau tanggung jawab?," tanyanya.

Sebab itu, Fauzi mengharapkan ke depannya Pemerintah Bukittinggi mampu mengkoordinasikan ke pengunjung agar nantinya tidak ada lagi yang mengarahkan kembang api ke bagian puncak Jam Gadang.

"Bagi pengunjung mungkin melihat kembang api bersinar di atas Jam Gadang adalah hal indah. Bagi saya itu tidak, malah saya takutnya bisa rusak puncak Jam Gadang," lanjutnya.

Fauzi mengatakan, Jam Gadang itu sudah mendunia, makanya ia minta pengunjung juga mau ikut menjaga benda paling ikonik di Bukittinggi itu.

"Jadi, janganlah ada kembang api lagi di sekitaran Jam Gadang," harapnya.

[Hatta Rizal]