Diterjang Banjir, Jembatan Gantung di Pangkalan Limapuluh Kota Ini Rusak

"Warga Jorong Sopang tidak bisa pergi ke ladang karena jembatan gantung rusak parah "
Kondisi jembatan gantung yang rusak (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Banjir yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota, tepatnya di Jorong Sopang, Kenagarian Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru pada Jumat 30 Desember 2017 lalu masih menyisakan duka bagi warga jorong setempat. Pasalnya, salah satu jembatan penghubung menuju perkebunan sawit dan karet mengalami kerusakan akibat banjir beberapa waktu lalu.

Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Pangkalan Koto Baru Sudirman mengatakan warga jorong tidak bisa menuju ladang atau perkebunannya, karena salah satu jembatan yang biasa dilalui rusak dan warga takut menyeberangi sungai.

"Saat ini warga Jorong Sopang tidak bisa pergi ke ladang karena jembatan gantung rusak parah akibat terjangan banjir beberapa waktu lalu. Ditambah lagi debit air yang masih cukup deras dalam membuat warga memilih untuk tidak ke ladang dan hanya di rumah," kata Sudirman melalui pesan singkatnya kepada KLIKPOSITIF, Senin 1 Januari 2018 malam.

Ia menjelaskan, rusaknya jembatan gantung tersebut karena hujan sejak malam hingga pukul 09.00 WIB dan membuat debit air jadi tinggi. Selanjutnya, air deras Batang Talagiri di Nagari Manggilang ini menjadi naik dan menghantam jembatan tersebut.

"Informasi dari kawan-kawan bahwa di jorong lain di Kenagarian Pangkalan masih dalam keadaan waspada. Nagari Gunung Malintang juga masih dalam status waspada. Semoga debit air Batang Maek tidak naik dan tidak hujan lagi karena kalau terjadi hujan maka akan membuat keadaan banjir di Nagari Gunung Malintang dan Nagari Pangkalan semakin parah," ujarnya.

Ia berharap kondisi ini tidak berlangsung lama dan pemerintah kabupaten melalui dinas terkait dapat segera memperbaiki jembatan gantung ini, sehingga nantinya tidak mengganggu perekonomian warga setempat.

"Jembatan gantung ini adalah salah satu jalan penghubung warga Jorong Sopang sekitar untuk mengangkut gambir dan karet serta jalan menuju pandam perkuburan," katanya ... Baca halaman selanjutnya