Kemensos Kucurkan Rp6,2 Miliar untuk Modal Usaha Bagi Pengidap HIV/AIDS

"Dana Rp6,2 miliar itu diberikan untuk 1.296 ODHA"
Ilustrasi (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Kementerian Sosial mengucurkan anggaran sebesar Rp6,2 miliar untuk program pendampingan dan rehalibitasi sosial bagi pengidap HIV/AIDS atau ODHA.

Program pendampingan itu disampaikan di hadapan 76 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Kemudian, semua LKS yang terlibat akan bekerjasama dengan Kemensos untuk pendampingan.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Sosial, bantuan dalam program pendampingan dan rehalibitasi sosial ODHA tersebut diberikan untuk Usaha Ekonomi Produktif (UEP) melalui 76 LKS itu.

Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang (RSTS dan KPO) Sonny W Manalu mengatakan dana Rp6,2 miliar itu diberikan untuk 1.296 ODHA.

"Selain itu, nanti juga diberikan bantua kepada seluruh LKS juga diberikan bantuan operasional didalam menjalankan bantuan pendampingan," katanya.

Jika dirinci, dari jumlah anggaran yang ada, masing-masing ODHA akan mendapatkan anggaran sebesar Rp5 juta per orangnya.

Lebih lanjut Sonny menjelaskan bahwa, berdasarkan Undang Undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kementerian Sosial diberi kewenangan sebagai Leading Sector penanganan ODHA bidang Rehabilitasi Sosial.

Untuk itu ada tiga langkah yang sudah dilakukan. Pertama, membentuk tiga Panti Unit Layanan Rehabilitas Sosial bagi orang dengan HIV.

"Tiga panti tersebut terletak di Ternate, satu di Medan yang keduanya melalui proses alih fungsi dan satu di Sukabumi yang merupakan kenaikan status dari Rumah Perlindungan menjadi Panti," jelas dia.

Lalu untuk yang kedua, menjalin jejaring kerja dengan seluruh LKS yang selama ini fokus melakukan dampingan bagi ODHA.

"Jadi nantinya LKS inilah yang melakukan pendampingan bagi ODHA sedangkan Kementerian Sosial memberikan dukungan anggaran dalam bentuk bantuan sosial keterampilan dan bantuan stimulan usaha ekonomi produktif," papar Sonny.

Kemudian yang ketiga adalah saat ini ... Baca halaman selanjutnya