Anggota Dewan Ini Kritisi Program dan OPD Kota Solok

"Anggota dewan ini berharap tidak menempatkan pejabat atas dasar balas jasa politik"
Herdiyulis (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Anggota DPRD Kota Solok Herdiyulis mengkritisi pelaksanaan program yang terangkum dalam APBD Kota Solok tahun 2017 yang mestinya menjadi bahan evaluasi bagi Pemko Solok. Menurutnya, ketumpulan pejabat dalam menjalankan program yang sudah diprioritaskan seyogyanya menjadi catatan bagi kepala daerah ketika menempatkan pejabat di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Apalagi, lanjut Herdiyulis, melihat kenyataan banyaknya program dan kegiatan yang tidak terlaksana dengan baik di masing-masing OPD, serta masih menumpuknya persoalan-persoalan klasik yang belum terselesaikan.

"Evaluasi kinerja pimpinan OPD harusnya menjadi acuan bagi kepala daerah untuk menempatkan pejabat. Kemampuan pejabat harus menjadi prioritas utama dalam mengisi jabatan, tidak hanya loyalitas semata," ujar Herdiyulis.

Ia mencontohkan, ada program yang terancam gagal dilaksanakan, seperti rencana pembangunan embung di kawasan Payo. Dana tersebut sudah dialokasikan oleh pemerintahan pusat melalui Dana Alokasi Khusus‎ (DAK), namun tidak dapat dilaksanakan meski proses tendernya sudah selesai dilaksanakan.

"Kalau untuk kepentingan politik, loyalitas pejabat memang dituntut. Namun kemampuan pejabat juga sangat dibutuhkan ketika mereka ditempatkan menduduki jabatan‎ tertentu. Jangan tempatkan pejabat atas dasar balas jasa politik," ujarnya.

[Syafriadi]