Mantan Pemain AC Milan Terpilih Jadi Presiden Liberia

"Dia terjun ke dunia politik setelah pensiun dari sepakbola pada 2002 dan menjadi anggota parlemen Liberia"
George Weah saat mengangkat tropi ketika masih bermain untuk AC Milan. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Mantan pemain sepakbola profesional yang pernah membela AC Milan dan sejumlah klub elit Eropa, George Weah terpilih menjadi Presiden Liberia. Hampir seluruh kertas suara telah dihitung dan Weah memperoleh suara lebih dari 60 persen mengalahkan pesaingnya Joseph Boakai.

Para pendukungnya pun mulai menggelar perayaan di ibukota Monrovia, ketika berita kemenangan Weah mulai menyebar. "Rekan saya warga Liberia, saya sangat merasakan perasaan seluruh bangsa ini," kata Weah melalui Twitter setelah hasil pemilu diumumkan.

Weah akan menggantikan Ellen Johnson Sirleaf, Presiden perempuan pertama yang terpilih secara langsung dalam Pemilu demokratis pertama Liberia. Sebelumnya, Liberia dipimpin oleh Presiden Charles Taylor yang digulingkan dalam pemberontakan.

Pesepakbola yang pernah mendapat titel pemain terbaik Afrika dan Ballon d'or ini dicalonkan oleh Koalisi Perubahan Demokratik yang menyasar pemilih muda, sementara Boakai yang saat ini menjadi Wakil Presiden dianggap terlalu tua dan tak tersentuh.

Weah sendiri pernah berkarir sebagai pemain sepakbola Eropa di klub Paris St-Germain (PSG) dan AC Milan, sebelum mengakhiri karirnya di Inggris dengan bermain untuk Chelsea dan Manchester City. Dia terjun ke dunia politik setelah pensiun dari sepakbola pada 2002 dan menjadi anggota parlemen Liberia. (*)

sumber: BBC