Fahri Hamzah "Menguliahi" Mahasiswa FISIP Unand Tentang Kekuatan Politik

"Dulu anggota dewan banyak diam karena direpresi. Sekarang cerewet karena ada dapur'-nya. Jadi begitu cara kita awasi kinerja pemerintah,"
Fahri Hamzah (Net)

KLIKPOSITIF -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fahri Hamzah menjadi pembicara dalam kuliah umum bertema "Dinamika DPR-RI Era Reformasi Politik" di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas, Jumat, 20 Mai 2016.

Dalam kuliah umum tersebut, politisi senior itu mengatakan bahwa dirinya akan mewujudkan modernisasi parlemen dengan meningkatkan kapasitas anggota dewan dengan dukungan para staf ahli yang handal.

"Modernisasi parlemen harus segera diwujudkan," kata Fahri di hadapan peserta kuliah umum di FISIP Unand. Fahri menyebut saat ini, ada dua kekuatan yang dimiliki dewan, yaitu kekuatan politik yang datang dari rakyat dan kekuatan yang datang dari pendukung dewan.

"Kekuatan kedua ini ke depan harus diperkuat karena dibackup tim ahli. Dulu anggota dewan banyak diam karena direpresi. Sekarang cerewet karena ada dapur'-nya. Jadi begitu cara kita awasi kinerja pemerintah," ujar Fahri

Namun untuk mengawasi hal tersebut, sambung Fahri, dirinya akan memperkuat DPR sehingga bisa mandiri, termasuk dalam hal anggaran.

"Kalau anggarannya dipotong terus bagaimana kita mau awasi eksekutif? karena sampai saat ini DPR masih tergantung pada eksekutif, karena yang megang kuasa anggaran mereka yang di eksekutif," bebernya.