Setelah 72 Tahun, Akhirnya Nagari Galugua Merdeka dari Kegelapan

"Instalasi listrik yang terpasang di kawasan itu siap menerangi empat jorong atau dusun "
Sebuah lampu menyala di sebuah warung milik warga nagari Galugua. Hal ini sebagai bukti bahwa desa adat tersebut telah dialiri listrik setelah 72 tahun (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Penantian panjang warga Nagari Galugua, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota ingin mendapatkan fasilitas aliran listrik akhirnya berbuah manis.

Sebab setelah sekian lama menunggu, nagari (desa adat) yang terletak di bagian ujung Kabupaten itu telah dialiri listrik.

Camat Kapur IX Andri Yasmen kepada KLIKPOSITIF, Selasa 9 Januari 2018 mengatakan desa yang ia pimpin telah dipasangi aliran listrik sejak 27 Desember lalu.

Instalasi listrik yang terpasang di kawasan itu siap menerangi empat jorong atau dusun di nagari Galugua. Dengan begitu, sebanyak 643 Kepala Keluarga disana telah merdeka dari kegelapan.

"Listrik mulai menyala dipenghujung tahun 2017. Kini listrik pun sudah menerangi seluruh jorong di Nagari Galugua yang terdiri 4 jorong yaitu Jorong Mongan, Jorong Galugua, Jorong Tanjuang Jajaran dan Jorong Koto Tangah," katanya.

Andri menyebutkan, pemasangan instalasi listrik untuk Galugua dilakukan sejak Juli 2017 lalu. Namun jelang program tersebut bergulir, sebelumnya telah terlebih dahulu dilakukan survey pada bulan Desember 2016 lalu.

"Saat itu saya baru tugas di Kapur IX dan warga Galugua pun menyampaikan aspirasi kepada Muspika Kapur IX berkaitan dengan kebutuhan seperti akses jalan, listrik dan telekomunikasi. Kemudian permohonan warga ini diakomodir melalui koordinasi dengan PLN yang dilanjutkan survey kelayakan," jelas dia.

Ia mengungkapkan pada survei pertama, PLN terkendala oleh akses jalan yang sulit. Sehingga warga bersama perangkat nagari meminta agar rencana tersebut tetap dilakukan meski terkendala akses.

"Jadi setelah survey kedua dari PLN baru ada kepastian pelaksanan pekerjaan pembangunan jaringan listrik ke Galugua. Pada bulan juli lalu terlihat sudah mulai ada realisasi pembangunannya hingga saat ini dan akses listrik bisa dinikmati warga," ungkap Andri.

Kehadiran layanan listrik ini diharapkan bisa menunjang ... Baca halaman selanjutnya