DPRD Minta Pemko Bukitinggi Awasi Tindakan Pengrusakan Fasilitas Objek Wisata

"Pengawasan dinilai penting demi menjaga kelangsungan objek wisata "
Trotoar Sudirman Bukittinggi, salah satu fasilitas pariwisata yang baru direnovasi oleh Pemerintah Kota (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Komisi III DPRD Bukittinggi meminta agar Pemerintah Kota Bukittinggi melakukan pengawasan ketat terhadap praktek pengrusakan fasilitas masyarakat di lokasi objek wisata.

Ketua Komisi III DPRD Bukittinggi Rusdi Nurman mengatakan, pengawasan dinilai penting demi menjaga kelangsungan objek wisata tersebut.

"Sekarang telah banyak program rehabilitasi yang selesai, itu bagus. Tapi, kita juga harapkan Pemko bisa mengawasi, terutama dari vandalisme," katanya.

Rusdi menyebut, aksi pengursakan tersebut biasanya terjadi terutama di objek wisata yang baru di pugar seperti tangga-tangga, dan taman.

"Contohnya di Jalan Sudirman, kursi-kursi itu kan bagus. Sayang nanti kalau dicoret-coret tangan tak bertanggung jawab. Harus diawasi," ucap dia.

Terkait dengan itu katanya, Pemko mesti menerapkan strategi khusus seperti penempatan personil Satpol PP atau instansi terkait di objek wisata guna mencegah terjadinya hal tersebut.

"Harus ada strategi khusus untuk mencegah terjadinya hal itu, semuanya juga harus ikut mengawasi," pungkasnya kemudian.

Tahun 2018 ini, wajah Bukittingi memang tampak lebih tertata setelah Pemko melakukan rehabilitasi terhadap 11 tangga , 3 taman dan yang sedang hits saat ini trotoar Jalan Sudirman.

Hampir tiap hari, terutama saat sore, warga maupun pengunjung selalu berjubel memenuhi objek wisata tersebut.

[Hatta Rizal]