Pilkada Padang 2018 Dipastikan Diikuti Dua Petahana

"KPU Padang tidak memberikan tanda terima bukti sah pendaftaran pada calon perseorangan, Syamsuar Syam-Misliza karena persyaratan calon yang tidak lengkap"
Pilkada 2018 (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pertarungan di Pilkada Padang 2018 dipastikan head to head antara dua petahana. Itu setelah KPU Padang tidak memberikan tanda terima bukti sah pendaftaran pada calon perseorangan, Syamsuar Syam-Misliza karena persyaratan calon yang tidak lengkap.

Ketua Divisi Teknis KPU Kota Padang, Chandra Eka Putra mengatakan, berita acara pemberitahuan tidak sahnya pendaftaran pasangan Syamsuar Syam-Misliza baru dibuat pada subuh Kamis 11 Januari tadi. "Tidak diberikan tanda terima, syarat calon tidak lengkap," ungkap Chandra, Kamis pagi.

Kata Chandra, persyaratan yang tidak dapat dilengkapi oleh pasangan Syamsuar Syam-Misliza adalah bukti pengurusan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Bukti pengurusan baru dimasukkan ke email, form yang dimasukkan salah dan bukti yang telah sampai ke KPK tidak sampai.

"Register dari KPK tidak keluar. Dalam pandangan kita itu belum sah," ungkapnya.

Diakuinya, pada malam pendaftaran itu terjadi lama perdebatan antara pihak calon dengan KPU. Dalam perdebatan itu, dia berharap Panwaslu Kota Padang dapat ikut memberikan pertimbangan. "Berharap ada pertimbangan dari Panwaslu, tapi Panwas hanya mengawasi," tutupnya.

[Cecep Jambak]