Baznas Pasaman Salurkan Zakat 3 Miliar di Tahun 2017

"seluruh dana tersebut disalurkan melalui lima program unggulan yang telah dilaksanakan"
ilustrasi zakat (istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, Sumbar telah menyalurkan dana sebesar Rp3.173.038.573 sepanjang tahun 2017 kepada 4.438 orang yang berhak menerimanya.

"Total penerimaan zakat tahun 2017 sebesar Rp3,770.548.767. Mayoritas berasal dari para ASN Pemkab Pasaman," kata Ketua Baznas Pasaman, H. Syafrizal Sf, SIQ, M.MPd pada KLIKPOSITIF, Kamis 11 Januari 2018.

Menurut Syafrizal, seluruh dana tersebut disalurkan melalui lima program unggulan yang telah dilaksanakan. Pertama Pasaman sejahtera seperti fakir, lansia atau jompo sebanyak 1.266 orang penerima, keluarga miskin 468 orang, modal usaha untuk 375 orang.

Zakat tersebut diserahkan dengan jumlah bervariasi mulai dari Rp150 ribu-Rp5 juta. Kemudian, Pasaman sehat seperti biaya bantuan berobat disalurkan kepada 818 orang. Penerima adalah warga yang memakai BPJS, kegunaannya untuk biaya yang tidak ditanggung oleh BPJS, seperti biaya transportasi dan akomodasi lainnya.

"Kita juga mempunyai program Pasaman Cerdas dengan menyerahkan beasiswa untuk pelajar SD hingga mahasiswa perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri warga asal Pasaman. Tahun 2017 diserahkan kepada 1.310 orang. Nilainya mulai dari Rp300 ribu hingga Rp2,5 juta," jelas Syafrizal.

Selain itu, Baznas juga mempunyai program Pasaman peduli. Program ini sasarannya untuk warga miskin dalam bentuk bedah rumah sebanyak 50 unit. Masing-masing mendapat Rp10 juta per unit dan bantuan warga yang mendapat bencana 24 KK.

"Terakhir program Pasaman imtaq, seperti bantuan keagamaan berupa tablik akbar, bantuan untuk mualaf, musafir yang terlantar sebanyak 110 orang," jelasnya.

Baznas Pasaman terus menggenjot zakat dari berbagai lembaga dan perorangan agar dapat berdampak terhadap masyarakat yang membutuhkan. Selain menunggu zakat di kantor, Baznas Pasaman juga langsung jemput ke rumah-rumah bagi yang tidak berkesempatan mengantarkannya ke kantor ... Baca halaman selanjutnya