Masyarakat Pessel Rasakan Suhu Lebih Dingin Dari Hari Biasanya

"Perubahan suhu ini berubah menjadi dingin secara tiba-tiba sejak beberapa hari belakangan hingga Jumat 12 Januari 2018 ini"
ilustrasi cuaca dingin (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat merasakan terjadinya perubahan suhu udara yang signifikan. Perubahan suhu ini berubah menjadi dingin secara tiba-tiba sejak beberapa hari belakangan hingga Jumat 12 Januari 2018 ini.

Perubahan suhu udara ini dirasakan masyarakat berubah mulai malam, pagi hingga siang. Dimana, pada siangnya langit tampak mendung dan matahari tertutupi awan meski tidak terjadi hujan.

"Biasanya kalau jam 10.00 WIB ke atas, udara sudah terasa panas. Tapi, beberapa hari belakangan jam 10.00 WIB masih serasa jam 06.00 WIB, udara lebih sejuk," sebut Webry (29), salah seorang warga pada KLIKPOSITIF.

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menyebut, perubahan suhu ini terjadi karena adanya pertumbuhan awan yang tinggi pada beberapa hari belakangan. Pada kondisi ini, suhu udara berkisar antara 17-21 derajat celcius, terutama pada malam hari.

"Penurunan suhu signifikan dari beberapa hari sebelumnya berkisar antara 20-25 derajat celcius. Suhu udara ini cukup dingin dirasakan, terutama pada malam dan dini hari," jelas Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiaji saat dihubungi KLIKPOSITIF.

Menurut Budi Samiaji, perubahan suhu udara menjadi rendah ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga 2- 3 hari ke depan. Namun, hal itu belum berdampak ekstrem terhadap aktivitas masyarakat karena perubahan dingin masih dalam taraf wajar dan normal.

"Suhu ini hanya turun dari 2 derajat dari normalnya. Kondisi ini masih wajar dan tergolong belum ekstrem, sehingga belum berdampak buruk terhadap kehidupan manusia," pungkasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]