Turki Ingatkan Warganya Agar Tak Lakukan Perjalanan ke AS

"Turki menghadapi risiko penangkapan sewenang-wenang "
Turki memperingatkan warganya agar tidak melakukan perjalanan ke Amerika Serikat. (http://fornews.co)

KLIKPOSITIF - Turki memperingatkan warganya agar tidak melakukan perjalanan ke Amerika Serikat. Hal itu karena Turki menghadapi risiko penangkapan sewenang-wenang dan harus melakukan tindakan pencegahan jika mereka memutuskanmelakukan perjalanan.

Komentar dari Kementerian Luar Negeri Turki datang setelah Departemen Luar Negeri AS minggu ini membuat peringatan serupa kepada warganya mengatakan, bahwa orang Amerika yang berencana mengunjungi Turki harus mempertimbangkan kembali rencana mereka karena terorisme dan penahanan sewenang-wenang.

Hubungan antara Ankara dan Washington kurang bagus sejak adanya penangkapan terhadap seorang bankir Turki dalam sebuah kasus yang berhubungan dengan sanksi Iran, yang dianggap Turki sebagai motif politik.

"Warga Turki yang bepergian ke Amerika Serikat dapat dikenai hukuman sewenang-wenang berdasarkan kesaksian dari sumber yang tidak dihargai," kata kementerian tersebut, Kamis.

Ankara mengatakan bahwa kasus terhadap bankir tersebut didasarkan pada bukti palsu dan didukung oleh jaringan ulama Fethullah Gulen, yang disalahkan karena mendalangi sebuah kudeta yang gagal pada tahun 2016.

Pembaruan peringatan perjalanan terjadi setelah Amerika Serikat dan Turki mengangkat semua batasan visa satu sama lain pada akhir Desember.