Di Sumbar, Jokowi Rencananya akan Bagi-bagi Buku

"Pemberian buku ini langsung dilakukan ke rumah masyarakat"
Kunjungan Jokowi ke Sumbar pada 2015 yang lalu (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi terus memutar otak untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Berbagai program dan kesempatan ditangkap agar masyarakat melek buku.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Alwis mengatakan, Presiden Repuplik Indonesia Joko Widodo direncanakan akan membagikan buku langsung ke rumah-rumah masyarakat pada saat peresmian pengerjaan Kawasan Pendidikan Terpadu di Tarok City di Nagari Kapalo Hilalang, 2×11 Kayu Tanam, Kabupaten Padangpariaman. 

Permintaan itu telah dikoordinasikan pihaknya dengan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, dan sudah disampaikan bupati kepada Menristekdikti.

“Sekarang masih menunggu kepastian apakah presiden punya jadwal atau tidak. Kami berharap beliau bersedia. Konsepnya disela-sela atau setelah peresmian Kawasan Pendidikan Terpadu di Tarok City presiden membagi-bagikan langsung buku bacaan kepada masyarakat di sekitar lokasi,” ungkap Alwis.

Direncanakan, presiden akan membagikan lima eksamplar buku yang telah disiapkan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selanjutnya satu minggu kemudian buku akan diganti lagi dengan judul buku baru.

Memurut Alwis, program bagi buku ke rumah-rumah masyakat telah berlansng di Kabupaten dan Kota Solok, namun untuk menggemakan gerakan sumbar membaca alangkah baiknya dirangsang dengan kegiatan bagi buku oleh presiden.

“Kami menilai jika booming-kan akan lebih baik untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dan melanjutkan gerakan sumbar membaca kedepannya,” tuturnya.

Sebelumnya pada Selasa (22/8/2017) lalu, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni saat kunjunganya ke Kantor  Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir, menyampaikan maksud itu. 

Sesuai arahan Gubernur, kata Ali Mukhni, bahwa dalam rangka HPN 2018 ... Baca halaman selanjutnya