Pembangunan Menara Masjid Raya Sumbar Tak Selesai, Kontraktor Didenda

"Mereka hanya mampu mampu menyelesaikan pekerjaan 71 persen pada 2017"
Menara Masjid Raya Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Kepala Bidang Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Karimis mengatakan, pengerjaan menara Masjid Raya Sumbar yang ditargetkan selesai akhir tahun tidak mampu terselesaikan oleh kontraktor dalam hal ini PT Marlancho. Mereka hanya mampu mampu menyelesaikan pekerjaan 71 persen pada 2017.

"Sesuai dengan aturan yang berlaku, terhitung 1 Januari 2018, rekanan yang mengerjakan menara tersebut didenda dengan 1/mil/hari," ungkap Karimis, Jumat 12 Januari 2018.

Meski begitu, rekanan juga dapat melanjutkan sisa pekerjaan dengan sanksi membayar denda 1/mil/hari dari nilai kontrak. Sedangkan waktu sisa pengerjaan diberikan selama 90 hari kerja. Jika sisa hari kerja ini masih belum dapat dituntaskan, rekanan dikenakan denda 9 persen dari sisa kontrak, jaminan dicairkan dan perusahaan tersebut di blaklist (list hitam).

Dikatakannya, kontrak pengerjaan menara Masjid Raya tersebut senilai 19,5 miliar. Terhitung 31 Desember 2017, pekerjaan hanya selesai 71 persen. Kemudian, dibayarkan sesuai dengan volume yang diselesaikan. Sisanya sekitar 29 persen dengan total anggaran Rp5,1 miliar dihentikan. 

"Jadi pelaksanaan lanjutannya ada konsekuensi bagi rekanan. Bahkan, jika selesai selain didenda tiap hari, uang mereka juga baru dibayarkan nantinya dengan APBD Perubahan," tambahnya.

Disebutkannya, pengenaan sanksi tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 72 tahun 2017 tanggal 22 Desember 2017. Merupakan turunan dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 234/2015 tentang pelaksanaan anggaran dalam rangka pembayaran pekerjaan yang tidak terselesaikan pada akhir tahun anggaran.

"Jadi acuan kita sesuai aturan tersebut, namun sekarang berjanji akan menyelesaikan dengan waktu 80 hari kerja," ujarnya.

Meskipun tidak mencapai target, pantauan KLIKPOSITIF malam ini hingga pukul 23.10 WIB tidak ada aktivitas yang dilakukan pihak kontraktor seperti malam-malam biasanya. Hanya lampu sorot menara ... Baca halaman selanjutnya