Pakar: Kerusakan Lingkungan di Kota Padang, Disebabkan Hal ini

"Kadang setelah pembangunan berjalan, baru amdal diurus. Itu yang selama ini terjadi. Ya karena hanya mengedepankan pemasukan ke daerah, tanpa memperhatikan kerusakan yang akan ditimbulkan"
Kerusakan Sungai Batang Arau Akibat Limbah di Kota Padang (KLIKPOSITIF / Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Pembangunan yang dilakukan tanpa menyiapkan amdal (analisis dampak lingkungan) terlebih dahulu dinilai menjadi salah satu penyebab pembangunan yang dilaksanakan terbengkalai. Hal ini dikarenakan pengurusan amdal yang dilakukan setelah pembangunan mulai berjalan.

“Kadang setelah pembangunan berjalan, baru amdal diurus. Itu yang selama ini terjadi. Ya karena hanya mengedepankan pemasukan ke daerah, tanpa memperhatikan kerusakan yang akan ditimbulkan, akhirnya berbagai persoalan terjadi setelah pembangunan dilaksanakan,” sebut pakar lingkungan hidup UNP, Indang Dewata, Sabtu 13 Januari 2018.

Menurutnya, padahal sepanjang disiapkan amdal, dan berbagai persyaratan lainnya dipenuhi, termasuk Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sebagaimana diatur dalam UU No 32 Tahun 2009 Tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH), tentunya tidak akan terjadi persoalan dalam pengelolaan lingkungan yang dilakukan.

KLHS adalah kajian yang harus dilakukan pemerintah daerah sebelum memberikan izin pengelolaan lahan maupun hutan. KLHS tertuang dalam UU No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pembuatan KLHS ditujukan untuk memastikan penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam pembangunan suatu wilayah, serta penyusunan kebijakan dan program pemerintah.

"Menurut undang-undang tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, KLHS harus dilakukan dalam penyusunan dan evaluasi rencana tata ruang wilayah, rencana pembangunan jangka menengah dan panjang, kebijakan dan program yang berpotensi menimbulkan dampak dan atau risiko terhadap lingkungan hidup," terang Indang.

Ia menyebutkan, Amdal adalah salah satu intrumen pengelolaan lingkungan hidup, dimana bertujuan untuk meminimalisasi dampak negatif dan mengoptimalisasi dampak positif. Amdal merupakan kajian mengenai dampak penting suatu usaha atau kegiatan yang direncakan pada ... Baca halaman selanjutnya