Khawatir Dengan Keselamatan, Warga di Pessel Gotong Royong Perbaiki Jembatan Penghubung

"Karena kendaraan yang melintasinya sering melampui beban, jadi warga memutuskan untuk memperbaiki"
Warga memperbaiki jembatan di Pessel (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Kerusakan jembatan penghubung di Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera memaksa warga untuk memperbaiki sendiri akses tersebut jalan terseut, pada Jumat 12 Januari 2018.

Pantauan KLIKPOSITIF, kerusakan jembatan ini salah satunya karena sering dilintasi kendaraan bermuatan berat. Berkali-kali rusak, memapaksa warga bergotoroyong untuk memperbaikinya.

Kepala Kampung Ganting Kubang, Andy menyebut, jembatan semi permanen yang terbangun dari besi tersebut dibangun sekitar satu tahun lalu. Meski belum berusia lama, keberadaannya cepat rusak dan sering mengkhawtiri warga untuk melewati.

"Karena kendaraan yang melintasinya sering melampui beban, jadi warga memutuskan untuk memperbaiki," sebut Andy pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, kerusakan jembatan ini memang belum menelan korban sejak dibangun. Namun, dampak kerusakan yang terdapat pada jembatan itu dapat menyebabkan sewaktu-waktu memakan korban.

"Karena lantai sudah banyak yang merenggang. Selain itu, besi penahan lantai sudah banyak yang goyang. Jadi bisa saja lepas dan menelan korban," terangnya.

Ia berharap, kerusakan pada jembatan di Ganting Kubang ini bisa mendapatkan perhatian serius Pemkab Pessel untuk memperbaiki. Sebab, akses dari jembatan tersebut sangat dibutuhkan warga untuk antar kampung .

"Selain jembatan ini tidak ada lagi alternatif yang layak. Sebab, sehari-hari jembatan ini menjadi penguhubung terdekat warga sehari menuju ke akses utama (pusat kecamatan)," pungkasnya. (Kiki Julnasri)