Pelaku yang Merantai "ZA" Bocah 11 Tahun Diamankan Polisi

"Yang menyuruh untuk merantai dan mengemis itu adalah ibu kandungnya sendiri"
Kondisi ZA yang dirantai besi oleh Ibu kandung dan ayah tirinya (Istimewa)

PADANG,KLIKPOSITIF-- Pelaku eksploitasi terhadap seorang anak di Kota Padabg dibekuk oleh tim Satreskrim Polresta Padang pada Jumat 12 Januari 2018 malam sekitar pukul 22.00 WIB di rumahnya di daerah Jalan Raden Saleh, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Dua orang pelaku eksploitasi terhadap seorang anak berinisial ZA (11) itu diketahui ibu kandung dari sang anak dan ayah tirinya.

BACA JUGA: Menyedihkan, Bocah di Padang Ini Dirantai Gara-gara Tak Mau Jadi Pengemis

Ibu kandung ZA diketahui bernama Noflinda dan Muklis di rumahnya. "Untuk Noflida saat ini kami amankan di sel tahanan khusu perempuan di Polsek Padang Timur," ujar Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz, Sabtu 13 Januari 2018.

Ia mengatakan bahwa yang merencanakan untuk merantai dan menyuruh ZA untuk mengemis adalah ibu kandungnya sendiri yaitu Noflinda.

"Yang menyuruh untuk merantai dan mengemis itu adalah ibu kandungnya sendiri," lanjutnya.

Sementara untuk yang merantai ZA sendiri adalah ayah tirinya yang bernama Muklis. "Keduanya dapat dikenakan pasal eksploitasi anak perampasan kemerdekaan terhadap seseorang," sambungnya.

Ia mengatakan pihaknya mengancam kedua pelaku dengan pasal 333 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang perampasan kemerdekaan seseorang dengan ancaman hukuman maksimal delapan tahun penjara.

"Untuk eksploitasinya dalam Undang-undang perlindungan anak masih kami dalami dan masih kami lakukan penyidikan," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa ZA tidak hanya dirantai oleh ibunya dan ayah tirinya, tetapi juga dicambuk dengan kabel jika tidak membawa uang saat pulang mengemis.

"Dalam pengakuan pelaku, ia telah melakukan hal tersebut sejak setahun yang lalu," katanya.

Sementara pengakuan dari pelaku Muklis ia memang sengaja merantai ... Baca halaman selanjutnya