Gedung Tidak Layak, Arsip Sumbar Terancam Rusak

"Sayang sekali jika tidak dilakukan penyelamatan dari sekarang"
Gedung arsip Sumatera Barat (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membutuhkan pembangunan gedung arsip yang representatif agar arsip-arsip didaerah itu bisa terjaga dengan baik.

Desakan pembangunan itu dilakukan karena gedung arsip saat ini sudah mulai tidak layak. Tampak banyak atap yang bocor dan dinding keropos sehingga arsip-arsip daerah tersebut terancam rusak.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Sumbar Alwis menyebutkan SKPD yang dipimpinnya terdiri dari dua bidang yakni Perpustakaan dan Kearsiapan. Menurutnya perpustakaan sudah cukup maju selangkah namun arsip masih agak tertinggal padahal kedua bidang tersebut sama pentingnya.

"Arsip sangat penting, karena dari arsip itulah nanti generasi mendatang mendapatkan data-data apa yang terjadi di Sumbar sebelum. Apalagi arsip statis. Itu yang kami cemaskan rusak dengan kondisi gedung saat ini," ujarnya, Minggu 14 Januari 2018.

Alwis menjelaskan, dalam tata kolela Kearsiapan seyogyanya ada kantor dan depo (penyimpanan khusus). Kantor adalah tempat tenaga atau petugas arsip bekerja sementara depo ialah tempat penyimpanan khusus arsip.

Namun karena faktor fasilitas hingga kini keduanya masih dilakukan dalam gudang yang sama. Sehingga dampaknya bisa mempengaruhi kesehatan petugas dan kerusakan pada arsip itu sendiri.

"Kami berharap tentu kedepan gedung arsip menjadi prioritas. Sebab gedung-gedung kedinasan yang lain pasca gempa sudah selesai dibangun, seperti gedung dinas pangan sudah, LKAM dan gedung Dinas Kelautan," ucapnya.

Tujuan keberadaan gedung representatif agar terwujud penataan arsip secara maksimal sehingga arsip terpelihara dengan baik, teratur, dan aman, mudah didapatkan kembali arsip yang dibutuhkan tersebut dengan cepat dan tepat, terhidari dari pemborosan tenaga dan waktu dalam kegiatan pencarian arsip yang dibutuhkan, kemudian untuk menjaga kerahasiaan arsip kelestarian arsip dan menyelamatkan arsip. 

"Sekian tahun ... Baca halaman selanjutnya