Inyiak Canduang Layak Jadi Pahlawan Nasional

""Beliau adalah ulama besar yang bertahun-tahun belajar di Makkah"
tim penggagas, Ketua Yayasan Madrasah Tarbiyah Islamiah (MTi) Syech Sulaiman Arrasuli Bertemu Ketua DPRD Sumbar (Cecep/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sempat menjadi wacana beberapa tahun lalu, sosok Syech Sulaiman Arrasuli atau Inyiak Canduang kembali diapungkan untuk menjadi Pahlawan Nasional. Itu diketahui ketika tim penggagas berkunjung ke DPRD Sumbar, Selasa 16 Januari 2018.

Salah seorang tim penggagas, Ketua Yayasan Madrasah Tarbiyah Islamiah (MTi) Syech Sulaiman Arrasuli, Syukri Iska memaparkan, sosok Inyiak Canduang layak dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Sebab, Inyiak Canduang telah berbuat banyak untuk NKRI, baik itu dari segi keagamaan, adat istiadat, pendidikan dan kancah perpolitikan.

"Beliau adalah ulama besar yang bertahun-tahun belajar di Makkah. Beliau juga seorang pembaharu dunia pendidikan, tentu sangat cocok dengan pembukaan UUD. Perpolitikan dan adat juga menjadi perjuangan beliau," ungkapnya.

Selain itu, katanya perjuangan Inyiak Canduang sudah banyak dijadikan disertasi kaum intelektual di masa sekarang. "Tentu pemikiran beliau telah teruji. Kalau tidak mana mungkin dikaji banyak orang," sebutnya.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan seminar baik di tingkat lokal, maupun nasional untuk menguatkan aspek akademik. Dia mengapresiasi DPRD Sumbar yang ikut mensuport gagasan tersebut.

"Dulu memang sekedar wacana. Tapi kini langkah konkret kita lakukan. Kita sudah mendapatkan SK dari Bupati Agam. Awal Februari nanti, kita akan menggelar Foccus Group Discussion (FGD) untuk mendukung pada aspek akademik. Kita terimakasih pada DPRD Sumbar yang mendukung dan memfasilitasi hal ini," katanya.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengatakan sangat mendukung penggagasan Inyiak Canduang menjadi pahlawan Nasional. Baginya Inyiak Canduang sangat layak menoreh hal itu.

"Rekam jejaknya jelas dalam memperjuangkan banyak hal untuk NKRI ini. Beliau layak. Semoga ini berjalan lancar sehingga rencana ini akan sukses. Kami akan mendukung penuh," ungkapnya.

[Cecep Jambak]