Pemerintah Diminta Bentuk Tim Independen Uji Petik Tentang Penggunaan Cantrang

"Larangan penggunaan cantrang telah menimbulkan pro dan kontra sejak beberapa tahun terakhir. Saya berharap agar pemerintah memberikan sebuah kepastian tentang pelarangan tersebut"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi meminta pemerintah melakukan koordinasi dengan Tim Independen dari seluruh stakeholder di bidang kelautan dan perikanan untuk melakukan uji petik terhadap alat penangkapan ikan berupa cantrang.

“Larangan penggunaan cantrang telah menimbulkan pro dan kontra sejak beberapa tahun terakhir. Saya berharap agar pemerintah memberikan sebuah kepastian tentang pelarangan tersebut. jangan sampai menimbulkan konflik, baik konflik horizontal sesama masyarakat atau nelayan, dan konflik nelayan dengan pemerintah. Untuk mengatasi itu semua, kami berharap agar pemerintah melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder di bidang kelautan dan perikanan untuk melakukan uji petik terhadap alat penangkapan ikan berupa cantrang,dogol dan sebagainya yang dilakukan oleh tim independen,” ujar Yoga, usai memimpin rapat dengar pendapat Komisi IV DPR RI dengan Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan di ruang rapat Komisi IV DPR, Senayan, Jakarta.

Dijelaskannya, Tim Independen yang dimaksud bukan hanya berasal dari pemerintah, melainkan seluruh stakeholder di bidang kelautan dan perikanan, termasuk kalangan akademisi atau pakar perikanan dan kelautan untuk kemudian melakukan uji petik yang hasilnya akan lebih akurat, valid dan obyektif serta bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dalam kesempatan itu hadir beberapa pakar kelautan dan perikanan yang menjelaskan penilaian dan pengamatannya tentang cantrang. Nimmi Zulbairani yang merupakan dosen sekolah bisnis dan fakultas perikanan dan ilmu kelautan IPB sekaligus Sekjen Masyarakat Perikanan Nusantara, dan Wasekjen Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia merupakan salah satu pakar yang setuju terhadap penggunaan cantrang.

Nimmi menyimpulkan bahwa alat cantrang dapat terus digunakan. Karena berdasarkan analisis yang dilakukan dampak positif (ekonomi dan sosial) alat tangkap ini lebih besar daripada dampak ... Baca halaman selanjutnya