Zakat Baznas Padang Belum Sentuh Anak Terlantar

"Itu terjadi karena kurangnya koordinasi antar Dinas Sosial Kota Padang dengan Baznas"
Baznas (Dok.Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF--Keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang agaknya belum dirasakan dalam meminimalisir keberadaan anak kategori terlantar.

Itu terjadi karena kurangnya koordinasi antar Dinas Sosial Kota Padang dengan Baznas. Hal itu diakui sendiri Ketua Baznas Padang Episantoso, kepada KLIKPOSITIF, Rabu 17 Januari 2018.

"Belum ada diusulkan (Dinsos, red). Kalau ada akan kita bicarakan bersama," katanya.

Sebab, katanya secara prinsip untuk penyaluran zakat, Baznas punya enam program. Untuk anak terlantar sendiri masuk dalam program Padang peduli. Namun, karena pemetaan program ini sudah dibagi-bagi, makanya juga butuh saling koordinasi.

"Kalau itu kan dari Dinsos, kalau dinsos mengajukan seperti pelatihan, lifeskill, kita ada anggaran untuk itu," ungkapnya.

Koordinasi yang sudah terjalin saat ini adalah terkait pembinaan anak jalanan, dan pengemis. Dalam program itu, anak jalanan dirumahkan di panti Air Dingin, dan kemudian diberikan pelatihan.

"Yang sudah ada kerjasama dengan Dinsos saat ini, menangani anjal. Dari baznas kita membantu pendidikan, kesehatan, pengajian, dan lainnya," papar Episantoso.

Dari data Dinsos Sumbar 2017, untuk Padang tercatat ada 834 anak yang dikategorikan anak terlantar. Sementara data se Sumbar tercatat sebanyak 51.672 orang.

[Cecep Jambak]