Cerita Mistik Briptu Risdianto di Daerah Pedalaman Papua

"Polisi asal Tiku Agam ini diutus ke Sudan pada 26 Januari 2018 "
Briptu Risdianto (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Enam tahun menjadi seorang pasukan Polisi Republik Indonesia (Polri) di daerah pedalaman Papua, Briptu Risdianto asal Tiku, Kabupaten Agam dikirim menjadi salah satu pasukan Satgas Garbha 2 FPU IX.

Menjadi pasukan membuat mental lelaki bertubuh kekar itu terasah selama mengikuti operasi di daerah pedalaman.

Berbagai macam medan telah ia lalui, mulai dari hal yang menegangkan hingga hal mistik saat melakukan operasi yang ia lalui di daerah pedalaman timur Indonesia itu.

"Saya melakukan delapan kali operasi dan seluruhnya di daerah Papua," ujarnya kepada KLIKPOSITIF, Rabu 17 Januari 2018 saat dihubungi melalui telepon seluler.

Pertama ditempatkan di Papua pada tahun 2011 lalu ia ditempatkan sebagai pasukan Brigade Mobil (Brimob) Polda Papua.

"Kalau kesulitan saya selama dinas tidak menjadi masalah, karena dengan menjadi polisi, tentunya saya siap dengan seluruh tantangannya," lanjutnya.

Ia mengaku mentalnya terus diasah dalam setiap operasi yang ia lakukan di daerah pedalaman Papua. "Dalam satu tim operasi kami hanya berjumlah 15 hingga 20 orang dan itulah tantangan yang harus dilewati," lanjutnya.

Dalam sekali operasi, ia menghabiskan waktu paling lama 14 bulan dan paling sebentar 4 bulan.

"Kalau operasi di Papua biasanya dalam keterbatasan seperti listrik yang hanya hidup pukul 18.00 WIT lalu pukul 22.00 WIT atau pukul 23.00 WIT," lanjutnya.

Pengalaman lelaki itu tidak hanya tentang kesulitan, kesenangan hingga hal mistis juga pernah ia alami di daerah pedalaman.

"Waktu itu kami dikirim 10 orang dalam sebuah misi, saat di dalam hutan ada kabut tebal dan pandangan hanya sekitar satu meter saja. Saat penghitungan personel, jumlah kami telah bertambah sebanyak 11 orang," sambungnya.

Saat kabut tebal itu usai, komandannya kembali menghitung anggota dan jumlah kembali 10 orang.

"Itu merupakan pengalaman mistik yang saya ... Baca halaman selanjutnya