Kemenkes Suplai 1,2 Ton Obat-obatan Atasi Campak dan Gizi Buruk di Kabupaten Asmat

"persoalan di Asmat cukup besar dan muncul secara tiba-tiba,"
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Untung Suseno Sutarjo (Joni ABK/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kementerian kesehatan menurunkan tenaga kesehatan untuk mengatasi penyakit campak dan gizi buruk di di Kabupaten Asmat, Papua. Tim kesehatan dibantu TNI mengingat medan yang dilalui untuk sampai dilokasi cukup berat.

Tim  medis juga membawa bantuan makanan tambahan sebanyak 3 ton dan obat-obatan 1,2 ton. “juga ada vaksin yang kita bawa,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Untung Suseno Sutarjo di Padang.

Dia menilai, persoalan di Asmat cukup besar dan muncul secara tiba-tiba, sebab selama ini Kemekes belum mendapatkan informasi yang jelas tentang persoalan di Asmat.

“Kami tidak mendapatkan laporan sebelumnya," ujar Untung.

Saat ini katanya tim sudah masuk ke daerah-daerah yang menjadi titik wabah campak dan gizi buruk. Selain itu kemenkes akan memperkuat pelayanan di rumah sakit, puskesmas hingga masuk ke daerah yang menjadi titik penyakit.

Sementara terkait status Kejadian Luar Biasa (KLB), selama tidak ada kasus baru dengan jangka waktu dua minggu kedepan maka akan berakhir. “Inikan masalahnya ditemukan lagi kasus baru di Papua Nugini,” tutupnya.

Sebelumnya dikabarkan Sejak September 2017 hingga 11 Januari 2018, RSUD Asmat dilaporkan merawat ratusan pasien campak. Sebanyak 393 orang menjalani rawat jalan dan 175 orang rawat inap. Pemerinta pusat meminta pemerintah daerah memantau dan mewaspadai wilayah-wilayah yang rawan mengalami kondisi luar biasa (KLB) seperti KLB campak dan gizi buruk di Kampung Nakai Distrik Pulau Tiga dan Kota Agats, Provinsi Papua.

Data dari Dinas Kesehatan setempat pendataan empat tim terpadu penanggulangan campak dan gizi buruk mencatat setidaknya sudah 61 orang tewas. Sebanyak 59 korban meninggal berasal dari tiga distrik, yakni Fayit, Aswi, dan Pulau Tiga. Tiga korban lain meninggal di Rumah Sakit Agats, ibu kota Kabupaten ... Baca halaman selanjutnya