KPU Padang Lakukan Coklit Data Pemilih Door to Door

"sebanyak 1.704 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Kota Padang, bergerak serentak mendata 634.197 warga"
Pemutakhiran data coklit yang dilakukan langsung ke rumah pemilih. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini (Sabtu, 20 Januari 2018) menggelar pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih secara serentak di 171 daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2018. Kegiatan pemutakhiran data daftar pemilih digelar perdana dan serentak dengan sistem door to door.

Kota Padang sebagai salah satu daerah penghelat Pilkada, KPU Kota Padang sebagai penyelenggara terkait pemutakhiran data daftar pemilih ini membentuk lima tim yang mendatangi langsung rumah calon pemilih. Tim tersebut terdiri dari unsur KPU, PPK, dan Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Pemutakhiran dilakukan disemua kecamatan di Kota Padang yakni Koto Tangah, Nanggalo, Kuranji, Pauh, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, Bungus Teluk Kabung, Padang Timur, Padang Selatan, Padang Barat, dan Padang Utara.

Kasubag Teknis KPU Kota Padang, Sutrisno menjelaskan, tujuan dilakukannya coklit untuk memastikan warga wajib pilih terdaftar sebagai pemilih dan mencocokkan data pemilih serta memastikan petugas PPDP bekerja dilapangan. Yang menjadi sasaran gerakan Coklit ini adalah publik figur, pejabat pemerintah, serta tokoh masyarakat.

"Seperti di tim II (Kuranji-Pauh) kami datang langsung ke rumah kepala KUA Belimbing dan Wakil Walikota Padang Emzalmi di Pauh," katanya usai melakukan Coklit di kedua kecamatan tersebut, Sabtu, 20 Januari 2018.

Ditargetkan dalam kegiatan tersebut ditarget 10 ribu pemilih rampung didata. Sutrisno menjelaskan, data dari Disdukcapil sebanyak jumlah pemilih kota Padang sebanyak 600 ribu pemilih.

"Dari Coklit ini nantinya akan dihasilkan rekomendasi seperti pemilih ganda, yang belum punya E-KTP dan rekomendasi lain berupa keterangan tantang pemilih seperti tuna rungu tuna grahita dan lain-lain. Itu yang akan kami selesai menjelang pemilihan," ungkapnya.

Sementara, Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati ... Baca halaman selanjutnya