BNPB Siaga Ketat Selama Asian Games 2018 Berlangsung

"Selama pelaksanaan Asian Games akan rawan kebakaran hutan"
Asian Games 2018 (Dok.Klikpositif)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana bakal fokus pada kejadian-kejadian yang dapat menganggu jalannya kompetisi olahraga Asia, Asian Games pada Agustus mendatang.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan selama pelaksanaan Asian Games akan rawan kebakaran hutan di Sumatera Selatan.

"Agustus dan September 2018 penyelenggaraan Asian Games. Itu adalah puncak musim kemarau, sementara Sumatera Selatan langganan kebakaran hutan dan lahan karena lahannya gambut," katanya dikutip dari Antara.

Menurutnya kejadian itu harus diantisipasi jauh-jauh hari, terutama aspek pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Upaya pemadaman bila kebakaran hutan dan lahan terjadi tetap dipersiapkan. Namun, lebih baik betul-betul mencegah agar tidak terjadi kebakaran.

"Kalau sampai terjadi kebakaran kemudian asapnya sampai menutupi arena olahraga, pasti akan membuat kita malu. Karena itu, Presiden Joko Widodo pasti akan menaruh perhatian khusus untuk menyukseskan Asian Games 2018," tuturnya.

Sutopo menyebutkan berdasarkan pengalaman pada 2015, 2016 dan 2017 membuat BNPB dan pemangku kepentingan lainnya lebih percaya diri bahwa kebakaran hutan dan lahan bisa diatasi.

"Tahun 2017 sudah lebih baik daripada 2016. Kita punya data pembandingnya mulai dari 2015 hingga 2017. Paling parah adalah 2015," ucap dua.

Pengalaman menangani kebakaran hutan dan lahan pada 2015, 2016 dan 2017 menunjukkan antisipasi kebakaran dilakukan dengan baik.

"Kalau pun terjadi kebakaran hutan dan lahan, tetapi dapat dilokalisasi dan tidak meluas. Kebakaran tidak menimbulkan asap dan aktivitas bandara serta penerbangan tetap berjalan normal," pungkas Sutopo.(*)