Hujan Lebat Bantu Padamkan Api di Lahan Gambut Agam

" Lahan gambut warga yang terbakar seluas 15 hektare"
Lahan gambut di Tiku Utara Agam yang hangus terbakar (Istimewa)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Operasi pemadaman kebakaran lahan gambut di Kabupaten Agam yang dilaksanakan sejak Selasa Siang 16 Januari 2018 berhasil dituntaskan pada Minggu 21 Januari 2018.

Kalaksa BPBD Agam Lutfi didampingi Petugas Pusdalops BPBD Agam Lukman mengatakan, lahan yang terbakar berada di Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara.

"Kita telah berupaya maksimal memadamkan api, sejak Selasa-Sabtu, pemadaman api sudah 90 persen, hari ini 10 persen titik api sudah diatasi," jelas Kalaksa BPBD Agam Lutfi.

Sebut Kalaksa, pemadaman berlangsung lama disebabkan luasnya areal dan keterbatasan akses, sulitnya sumber air dan lahan yang berupa gambut.

Disebutkan, lahan gambut warga yang terbakar seluas 15 hektare. "Hujan lebat yang terjadi pada Sabtu malam, juga membantu proses padamnya api," ucapnya.

Kalaksa BPBD juga mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang terlibat seperti Satgas BPBD Agam, Pol PP Damkar Agam, BPBD Pasaman Barat, BPBD Pariaman, Dinsos Agam, BKSDA Agam, Polsek, TNI, Satgas PT Mutiara Agam, KSB Koto Kaciak, Pihak Kecamatan dan bantuan peralatan dari BPBD Propinsi Sumatera Barat.

[Hatta Rizal]