Ternyata Ada Kebun Salak di Bukittinggi

"Kebun Salak milik Ramli saat ini tengah populer di kalangan pengunjung, terutama dari kalangan pelajar "
Kebun Salak milik Ramli (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITINGGI,KLIKPOSITIF -- Sektor pariwisata Bukittinggi juga ditopang sebuah kawasan agrowisata berupa hamparan perkebunan salak.

Perkebunan ini terletak di Lagundi Lumpuah, RT I RW I Kuriman Puhun, Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi dan dikelola warga lokal bernama Ramli (63).

Karena jarang ditemui, kebun salak milik Ramli saat ini tengah populer di kalangan pengunjung, terutama dari kalangan pelajar yang datang berombongan bersama gurunya.

Lokasi kebun salak, persis berada di bibir Ngarai, sehingga cukup indah dipandang.

Selain itu, areal perkebunan Ramli, juga banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon dan tanaman seperti durian, jagung dalam jumlah yang cukup banyak sehingga sangat cocok untuk kawasan agrowisata.

"Kita tanamnya sejak 2007, empat tahun kemudian mulai panen hingga sekarang, bibitnya didapat dari Pemko Bukittinggi," ucap Ramli, Minggu 21 Januari 2018.

Di kebunnya yang tak ia ketahui luasnya, Ramli punya sebanyak 300 batang pohon Salak jenis Pondoh dengan rataan panen kurang dari 100 kilogram perbulan.

Berada di sini, cukup mengasyikan, sebab udaranya cukup sejuk. Kita juga bisa mencoba memetik langsung buah salak dari pohonnya, tapi tentu harus hati-hati sebab banyak durinya.

Puas mengelilingi kebun salak, kita bisa pula mengelilingi jalan bikinan Pemerintah Kota Bukittinggi yang terhubung antara kebun Salak dan lahan jagung milik Ramli.

"Kita tak pernah jual ke pasar, salak ini langsung dibeli pengunjung ke sini," ucap Ramli yang sangat ramah itu.

Penasaran dengan kebun Pak Ramli? cukup mudah untuk menemukan kendati lokasinya cukup terpencil.

Dari arah Kota Bukittinggi, silahkan menuju Panorama Baru. Selepas Gudang Peluru, anda akan menemukan perempatan SDN 12 Puhun Pintu Kabun, dari sana ambil rute sebelah kanan yang ada jalan cor semen. Ikuti jalan itu kira-kira sejauh 300 meter, maka akan ... Baca halaman selanjutnya