Pemkab Agam Pugar Rumah Wartawan Wanita Pertama di Indonesia

HPN 2018
HPN 2018 (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Agam akan melakukan pemugaran rumah peninggalan Tokoh Perempuan Minangkabau Rohana Kudus , yang selama ini telah menjadi cagar budaya.

"Cagar budaya itu merupakan rumah peninggalan Rohana Kudus , dan bakal direnovasi tanggal 6 Februari 2018 bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) di Sumatera Barat. Ini singkron dengan program Pemerintah Pusat dan provinsi" ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Drs. Isra, Dt. Bandaro.

Dikatakannya, dua pekan lalu pihaknya sudah mensurvei rumah bersejarah tersebut, ternyata banyak yang harus di perbaiki, sehingga tidak memungkinkan siap dalam satu kali renovasi.

Baca Juga

"Untuk tahap awal, kita sudah menganggarkan sebesar Rp200 juta, sedangkan untuk anggaran sampai finis masih dalam tahap penghitungan oleh konsultan," ujarnya pula.

Ia menyebutkan, yang menjadi prioritas untuk diperbaiki, seperti bagian atas rumah, dinding, lantai, plang nama, karena rusaknya terlihat cukup parah. Bahkan, pihak keluarga Rohana Khudus sudah sepakat untuk merenovasi rumah itu.

Isra menjelaskan, Rohana Kudus sudah diusulkan menjadi Pahlawan Nasional kepada Pemerintah Pusat, bahkan Organisasi PKK Provinsi Sumatera Barat juga sudah mengusulkan kembali, tapi sampai saat ini belum ada penetapan, dan ini yang harus diperjuangkan.

"Bahkan, nama sosok Rohana Kudus sudah banyak dipakai untuk dijadikan sebagai nama jalan," ujarnya pula.

Rohana khudus adalah sosok Tokoh Perempuan Minangkabau yang memiliki peran sangat besar dalam memotivasi perempuan minang melalui usaha, dan pendidikannya.

Dengan demikian, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan cagar budaya itu menjadi Musemum, seperti halnya Museum Buya Hamka, di Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya. "Tetapi yang jeas, kita selamatkan dulu rumah bersejarah itu," katanya.

Selain Cagar Budaya Rohana Kudus , Pemkab Agam juga melakukan renovasi terhadap Museum Buya Hamka, paling lambat bulan Maret 2018 pengerjaannya sudah dimulai, seperti memperbaharui cat, plang nama, dan lainnya.

Lebih lanjut Isra menyebutkan, sebenarnya 51 cagar budaya yang ada di Kabupaten Agam sudah patut untuk di renovasi. Namun, karena keterbatasan anggaran, maka dikerjakan satu per satu, agar pengerjaannya bisa dilaksanakan dengan maksimal.

"Tahun 2018, kita fokuskan merenovasi Cagar Budaya Rohana Kudus , dan Museum Buya Hamka, dan tahun 2019 kita anggarkan kembali, termasuk untuk cagar budaya lainnya sesuai anggaran yang ada," jelas Isra.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra di Sekretariat Kabupaten Agam , Ir. Isman Imran, M.Si mendukung pembugaran Cagar Budaya Rohana Kudus tersebut. "Sudah sepatutnya kita mengangkat nama tokoh perempuan minang itu, dengan ketajaman penanya, beliau membuka mata penjajah bahwa kemerdekaan sangat diperlukan anak bangsa," ujarnya.

"Pemkab Agam dengan Pemprov Sumbar sudah merumuskan bagaimana bentuk pembugaran yang bakal dilakukan itu, mudah-mudahan dalam agenda Hari Pers Nasional (HPN) Sumbar nanti, bisa dimulai pengerjaannya, dan kedepannya kita yang melanjutkan untuk pengawasan sesuai wakt yang tersedia," ujarnya pula.

Lebih lanjut disebutkan Isman Imran, secara kasat mata ia beum pernah ketemu sosok Rohana Kudus tersebut, tetapi secara literasi kita melihatnya begitu dibutuhkan sebagai pemberita pada pihak penguasa. dengan keberanian yang dimilikinya, wajar saja Rohana Kudus diberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional.

"Karena ketajaman ujung pena, dan ketajaman pemikirannya, bisa menggetarkan penjajah untuk segera tinggalkan Indonesia, dan ini semangat bagi pejuang untuk selalu memperjuangkan agar kemerdekaan segera diraih," kata Isman Imran.

Dikatakan Isman, sosok Rohana Kudus sangat fenomenal, dan fundamental, ini perlu dijadikan contoh bagi generasi mendatang. Jika didalami perjuangannya, bisa memberikan nilai positif bagi bangsa
 

Baca Juga

Penulis: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com