Pemkab Agam Pugar Rumah Wartawan Wanita Pertama di Indonesia

"Cagar budaya itu merupakan rumah peninggalan Rohana Kudus, dan bakal direnovasi tanggal 6 Februari 2018 bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN)"
HPN 2018 (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Agam akan melakukan pemugaran rumah peninggalan Tokoh Perempuan Minangkabau Rohana Kudus, yang selama ini telah menjadi cagar budaya.

"Cagar budaya itu merupakan rumah peninggalan Rohana Kudus, dan bakal direnovasi tanggal 6 Februari 2018 bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) di Sumatera Barat. Ini singkron dengan program Pemerintah Pusat dan provinsi" ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Drs. Isra, Dt. Bandaro.

Dikatakannya, dua pekan lalu pihaknya sudah mensurvei rumah bersejarah tersebut, ternyata banyak yang harus di perbaiki, sehingga tidak memungkinkan siap dalam satu kali renovasi.

"Untuk tahap awal, kita sudah menganggarkan sebesar Rp200 juta, sedangkan untuk anggaran sampai finis masih dalam tahap penghitungan oleh konsultan," ujarnya pula.

Ia menyebutkan, yang menjadi prioritas untuk diperbaiki, seperti bagian atas rumah, dinding, lantai, plang nama, karena rusaknya terlihat cukup parah. Bahkan, pihak keluarga Rohana Khudus sudah sepakat untuk merenovasi rumah itu.

Isra menjelaskan, Rohana Kudus sudah diusulkan menjadi Pahlawan Nasional kepada Pemerintah Pusat, bahkan Organisasi PKK Provinsi Sumatera Barat juga sudah mengusulkan kembali, tapi sampai saat ini belum ada penetapan, dan ini yang harus diperjuangkan.

"Bahkan, nama sosok Rohana Kudus sudah banyak dipakai untuk dijadikan sebagai nama jalan," ujarnya pula.

Rohana khudus adalah sosok Tokoh Perempuan Minangkabau yang memiliki peran sangat besar dalam memotivasi perempuan minang melalui usaha, dan pendidikannya.

Dengan demikian, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan cagar budaya itu menjadi Musemum, seperti halnya Museum Buya Hamka, di Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya. "Tetapi yang jeas, kita selamatkan dulu rumah bersejarah itu," katanya.

Selain Cagar Budaya Rohana Kudus, Pemkab Agam juga melakukan renovasi terhadap Museum Buya ... Baca halaman selanjutnya