Tiba di Tanah Air, Ini Alasan Jokowi Mengunjungi Asia Selatan

"Kita ingin memberikan sebuah keseimbangan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, mestinya kawasan di Timur Tengah, kawasan di sini, mendapatkan perhatian yang khusus"
Presiden Jokowi dan ibu negara, Iriana Jokowi turun dari pesawat kepresidenan. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Hujan yang mengguyur Jakarta menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan tiba di Tanah Air usai lawatannya ke lima negara, yakni Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan.

Tiba pukul 05.20 WIB di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (30/1), Jokowi disambut Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, Mensesneg, Kepala Staf Kepresidenan, Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL, KSAU dan Gubernur DKI Jakarta.

Sebelumnya, Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (29/1) pukul 17.25 Waktu Setempat (WS) atau 20.05 WIB dan singgah di Bandar Udara Internasional Hazrat Shahjalal di Dhaka, Bangladesh untuk pengisian bahan bakar.

Dalam lawatan kali ini, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke empat negara yaitu Sri Lanka, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan. Sementara itu di India, Presiden Jokowi menghadiri KTT ASEAN-India. Saat bertemu masyarakat Indonesia di Pakistan, Jokowi menyampaikan alasannya berkunjung ke negara-negara di Asia Selatan.

“Kita ingin memberikan sebuah keseimbangan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, mestinya kawasan di Timur Tengah, kawasan di sini, mendapatkan perhatian yang khusus,” kata Jokowi saat itu.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam penerbangan menuju Tanah Air, Menko Perekonomiaan, Menlu, Sekretaris Kabinet, Koordinator Staf Khusus Presiden, Kepala Sekretariat Presiden, Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu, Staf Khusus Presiden, Sekretaris Militer Presiden dan Komandan Paspampres. (*)

sumber: suara.com