Satelit NASA yang Dianggap "Mati" Dikonfirmasi Hidup Setelah 12 Tahun

"Identitas satelit yang ditemukan kembali pada 20 Januari oleh astronom amatir "
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Badan antariksa AS, NASA mengatakan sebuah satelit yang dianggap "mati" lebih dari satu dekade yang lalu masih hidup.

"Identitas satelit yang ditemukan kembali pada 20 Januari oleh astronom amatir telah dikonfirmasi sebagai satelit IMAGE NASA," kata badan antariksa AS, Selasa, 30 Januari 2018.

"Pada sore hari tanggal 30 Januari, Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins di Laurel, Maryland, berhasil mengumpulkan data telemetri dari satelit. Sinyal tersebut menunjukkan bahwa ID pesawat berusia 166 - ID untuk GAMBAR," jelasnya.

IMAGE, atau Imager untuk Magnetopause-to-Aurora Global Exploration, dirancang menggambarkan magnetosfer bumi dan menghasilkan gambar global komprehensif pertama dari populasi plasma di wilayah ini.

Satelit diluncurkan pada 25 Maret 2000, dan kontak tersebut tiba-tiba hilang pada 18 Desember 2005. Setelah upaya 2007 gagal melakukan reboot, misi tersebut telah diumumkan.

Awal bulan ini, seorang astronom amatir bernama Scott Tilley menulis di blognya bahwa ia mendapat sinyal dari sebuah satelit dengan label "2000-017A, 26113" yang ia kenal berhubungan dengan satelit IMAGE.

Dilansir dari laman xinhua, NASA mengatakan timnya telah dapat membaca beberapa data dasar rumah tangga dari pesawat ruang angkasa, setidaknya sistem kontrol utama beroperasi.

Selanjutnya, para ilmuwan dan insinyur di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA akan terus mencoba menganalisis data dari pesawat ruang angkasa mempelajari lebih lanjut tentang kondisinya.

"Proses ini akan memakan waktu satu atau dua minggu karena memerlukan usaha mengadaptasi perangkat lunak dan database informasi lama ke sistem modern," tambah NASA.