Kampanye Belum Mulai, Poster Pasangan Calon Pemimpin Padang Sudah Merusak Pohon

"Gambar pasangan calon tersebut terpampang di tempat yang tidak dibenarkan dalam Peraturan KPU "
Poster pasangan calon kepala daerah terpasang di sebuah pohon (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebelum penetapan pasangan calon kepada daerah di Kota Padang oleh Komisi Pemilihan Umum, beberapa alat peraga kampanye berupa pamflet, spanduk dan iklan telah terpampang di beberapa lokasi di Kota Padang.

Parahnya, gambar pasangan calon tersebut terpampang di tempat yang tidak dibenarkan dalam Peraturan KPU soal kampanye yang tertuang dalam aturan Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye.

Tampak pada pantauan KLIKPOSITIF pada Minggu 4 Februari 2018, gambar pasangan calon kepala daerah terpampang di tiang listrik, dan pohon pelindung di pinggir jalan.

Beberapa lokasi yang terlihat adalah di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan M Hatta, Jalan Bypass dan beberapa lokasi lainnya. Pada umumnya, poster-poster tersebut bisa dijumpai di lokasi-lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat.

Padahal praktek kampanye itu jelas telah dilarang oleh KPU, seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang KPU pasal 26 ayat 2 nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Dalam aturan tersebut telah dinyatakan bahwa pemasangan poster kampanye dilarang ditempel di tempat umum, meliputi tempat ibadah termasuk halaman, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung atau fasilitas milik pemerintah, lembaga pendidikan (gedung dan sekolah, jalan-jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik seperti taman dan pepohonan.

Sementara di Kota Padang, poster pasangan calon telah terlihat dipasang di beberapa fasilitas umum seperti tiang listrik dan pohon pelindung, sebelum ada penetapan pasangan calon dari KPU dan mulainya masa kampanye.

[Halbert Caniago]