Dinkes Sumbar Pilih Tiga Puskesmas di Mentawai Sebagai Puskesmas Percontohan

"Puskesmas percontohan tersebut merupakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)"
Suasana masyarakat di Mentawai (inspirasi-traveling.blogspot.com)

KLIKPOSITIF, TUAPEIJAT – Tiga Puskesmas di Kabupaten Kepulauan dipilih Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar sebagai puskesmas percontohan Keluarga Sehat (KS). Tiga puskesmas tersebut adalah Puskesmas Mapadegat Kecamatan Sipora Utara, Puskesmas Sioban Kecamatan Sipora Selatan dan Puskesmas Sikakap Kecamatan Sikakap.

Puskesmas percontohan tersebut merupakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Program tersebut dimulai dengan pendataan keluarga untuk melihat keluarga tidak sehat, pra sehat dan sehat. Rencananya pada 2018 ini, Dinkes menargetkan untuk mewujudkan keluarga sehat di Bumi Sikerei dengan adanya tiga puskesmas percontohan tersebut.

“Hal ini merupakan intervensi dalam meningkatkan kesehatan di Bumi Sikerei. Intinya pendekatan lebih berbasis pada Keluarga Sehat (KS),” kata Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar.

Program pendekatan kepada keluarga sehat, kata Lahmuddin, sebenarnya sudah lama digulirkan di tengah masyarakat. Namun, polanya yang harus ditingkatkan. Kalau satu keluarga sehat, maka semuanya akan sehat dengan cara memberikan pemahaman.(Adv)