Musim Kemarau, Damkar Padang: Waspadai Api Kecil

"di lokasi yang dianggap sangat kering dan dikhawatirkan akan terjadi kebakaran, pihaknya langsung mengantisipasi dengan menyemprot menggunakan air"
Kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu di Padang. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Musim kemarau yang melanda Kota Padang membuat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang harus melakukan beberapa antisipasi sebelum terjadi kebakaran. Hal pertama yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang adalah mobiling (patroli) di beberapa lokasi yang dianggap rawan kebakaran.

"Anggota difungsikan untuk melakukan mobiling di beberapa titik yang dianggap rawan kebakaran," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Hendrizal Azhar, Senin 5 Februari 2018.

Dia mengatakan, di lokasi yang dianggap sangat kering dan dikhawatirkan akan terjadi kebakaran, pihaknya langsung mengantisipasi dengan menyemprot menggunakan air. "Ada beberapa lokasi yang saat ini dikhawatirkan akan terjadi kebakaran dan kami telah menyiramnya sehingga kebakaran tidak terjadi," lanjutnya.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran lahan di Kota Padang sendiri. "Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena jika api dari puntung rokok itu tidak benar-benar mati, dikhawatirkan akan mengakibatkan kebakaran," sambungnya.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat jika membakar sampah agar tidak ditinggal begitu saja. "Kalau membakar sampah dan telah selesai, diharapkan masyarakat harus langsung menyiramnya dan pastikan apinya benar-benar sudah padam," sambungnya.

Dengan begitu, ia berharap kebakaran tidak terjadi di Kota Padang. "Diharapkan tidak akan ada kebakaran dengan melakukan antisipasi ini," tutupnya.

[Halbert Caniago]