Pemkab Pessel Imbau Petani Gunakan Pupuk Organik

"Menggaet petani untuk menggunakan pupuk organik dalam pertanian memang cukup sulit"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengimbau petani memanfaatkan pupuk organik untuk meningkatkan kualitas produksi hasil pangan di daerah itu. Sebab, pencapaian hasil produksi pangan tidak tergantung pada pupuk kimia saja.

"Kita sangat menyarankan, petani bisa memanfaatkan pupuk organik sebaik mungkin. Diantaranya, dengan pupuk organik, agar proses tanaman akan lebih sehat," sebut Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Distanhorbun Pessel, Hamijon pada KLIKPOSITIF, Senin 5 Januari 2018.

Ia menjelaskan, sejauh ini menggaet petani untuk menggunakan pupuk organik dalam pertanian memang cukup sulit. Sebab, pemanfaatan pupuk kimia atau non organik selama ini digunakan lebih instan dan mudah didapat.

"Di sini, kita upayakan kepada petani untuk memanfaatkan pupuk organik. Ibarat kata tadi, memang cukup sulit untuk mengalihkan tetapi akan kita coba supaya petani bisa beralih ke organik," terang Mijon.

Menurutnya, jika petani lebih serius dalam mengelola pupuk organik sebenarnya tidak akan sulit. Karena keberadaan limbah kotoran ternak, lebih mudah didapat dan mudah dikelola untuk menjadi kebutuhan pupuk pangan.

"Kotoran sapi yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik menjadi pupuk. Apalagi hitungannya lebih ekonomis," jelasnya.

Lanjutnya, pencapaian hasil produktivitas padi di Pessel sepanjang 2017 mencapai 340 ribu ton. Pencapaian tersebut jauh melebihi target yang ditetapkan pemerintah daerah dalam RPJMD.

"Jadi kalau sudah bercerita dengan organik, kita bisa terhindar dari kimia. Dan hasil yang maksimal akan lebih berkualitas," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]