Telkomsel Ajak Media dan Masyarakat Bersinergi Perangi Hoaks

"kehadiran platform digital memberikan kesulitan tersendiri dalam mengawasi penyebaran hoaks di internet"
Talkshow memerangi hoaks di Convention Hall Unand bersama Kompas dan Telkomsel. (KLIKPOSITIF/Agoes Embun)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Perkembangan teknologi internet mendorong akses informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Bahkan, kehadiran platform digital memberikan kesulitan tersendiri dalam mengawasi penyebaran hoaks di internet.

Telkomsel sebagai penyedia jasa layanan internet memaparkan upaya yang dilakukan untuk memerangi hoaks dalam kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang. Telkomsel yang juga menyediakan berbagai layanan digital internet selalu berupaya untuk memerangi hoaks.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah pada Talkshow Deteksi Hoaks Sebagai Langlah Cerdas Bermedia Sosial dalam rangakaian kegiatan HPN 2018 menjelaskan bahwa Telkomsel memiliki Program Internet Baik.

Program ini menjadi upaya dalam meningkatkan kesadaran untuk berperilaku baik, menjauhkan diri dari berita hoaks dan lebih bijak dalam menyikapi berita di internet.

"Upaya Telkomsel melalui program yang ditujukan bagi siswa hingga orang tua diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk lebih berhati-hati," katanya.

Insan pers juga diharapkan dapat mensinergikan program antara media dan Telkomsel dalam memerangi hoaks sehingga terciptalah wajah pers Indonesia yang sehat dengan menghadirkan berita faktual bagi masyarakat.

Bagian dari menghindari hoaks, pemerintah juga menerapkan aturan agar masyarakat melakukan registrasi Kartu Prabayar yang di miliki.

"Telkomsel mendukung aturan tersebut dengan mengajak seluruh pelanggannya aktif melakukan registrasi baru maupun ulang, agar seluruh pengguna sarana telekomunikasi terdata atas nama pribadi penggunanya," tutupnya. (*)