Mahasiswa S2 Unand Ikut Pantau Proses Pilkada Padang

"keterlibatan mahasiswa juga bertujuan agar para mahasiswa juga tidak tertinggal info terbaru tentang aturan kepemiluan"
Ketua KPU Padang dan jajaran bersama mahasiswa S2 Unand yang ikut memantau proses Pilkada Padang. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Guna memahami proses pelaksanaan Pemilu, mahasiswa program pascasarjana Tata Kelola Pemilu dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) akan ikut turun memantau proses Pilkada Padang.

"Kami angkatan ketiga dari Program Pascasarjana Tata Kelola Pemilu ini," ungkap koordinator mahasiswa Ricardo pada KLIKPOSITIF.

Mahasiswa asal Sumatera Utara ini mengatakan, keterlibatan mahasiswa juga bertujuan agar para mahasiswa juga tidak tertinggal info terbaru tentang aturan kepemiluan. Apakah itu UU terbaru dan semua sosialisasi yang ada tentang Pemilu, salah satunya Peraturan KPU No.4 tahun 2017 ini.

"Untuk saat ini memang kami fokus di Padang, ada rencana juga untuk pantauan Pileg dan Pemilu Presiden," ungkapnya.

Selain di Unand, katanya, Program Pascasarjana Tata Kelola Pemilu juga tersebar di 10 universitas lainnya yang ada di Indonesia. "Universitas yang ada di Jawa ada empat, di daerah timur ada empat dan di Sumatera ada dua. Kami disini ada 14 orang," urainya.

Terkait Peraturan KPU No.4 tahun 2017 tentang kampanye dan menurutnya memang sangat penting dipatuhi oleh Paslon. "Tentu ini akan menarik. Ada aturan baru, KPU telah memiliki pemahaman tentang ini," pungkasnya.

Sementara Ketua KPU Padang, M Sawati berharap mahasiswa ini dapat memanfaatkan momentum ini untuk menambah pengetahuan Pemilu. "Fokus, jadi kuliahnya cepat lulus," tukasnya.

[Cecep Jambak]