Pemkab Agam Usulkan Roehana Koedoes Jadi Pahlawan Nasional

"Dijadwalkan, akhir April 2018 sudah sampai di kementerian seluruh bahannya"
Rumah Roehana Koedoes (amaisetiacreativity)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Agam dan Yayasan Roehana Koedoes mengusulkan Roehana Koedoes jadi Pahlawan Nasional.

"Pemkab Agam bersama Yayasan Roehana Koedoes sudah melengkapi dokumentasi yang di butuhkan," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Kurniawan Syahputra.

Langkah yang tengah disiapkan oleh Pemkab Agam bersama Yayasan saat ini adalah menyiapkan biografi lengkap Roehana Koedoes dan melaksanakan Seminar. Diperkirakan, bulan April 2018 tuntas semuanya.

"Dijadwalkan, akhir April 2018 sudah sampai di kementerian seluruh bahannya," ujarnya.

Selain itu, bertepatan dengan HPN 2018, Pemerintah Kabupaten Agam juga akan melakukan pemugaran rumah peninggalan Tokoh Perempuan Minangkabau yang selama ini telah menjadi cagar budaya.

Untuk tahap awal, Pemkab Agam menganggarkan sebesar Rp200 juta, sedangkan untuk anggaran sampai finis masih dalam tahap penghitungan oleh konsultan.

Menjadi prioritas untuk diperbaiki, seperti bagian atas rumah, dinding, lantai, plang nama, karena rusaknya terlihat cukup parah. Bahkan, pihak keluarga Rohana Khudus sudah sepakat untuk merenovasi rumah itu.

Rohana Kudus, merupakan wartawati profesional pertama di Indonesia. Penggerak emansipasi wanita yang gigih ini, adalah sosok pahlawan perempuan yang lahir di Koto Gadang, Kabupaten Agam,  20 Desember 1884  dan meninggal di Jakarta, 17 Agustus 1972 pada umur 87 tahun.