Selama HPN 2018, Tingkat Hunian Hotel di Sumbar 90 Persen

Salah satu hotel di Kota Padang.
Salah satu hotel di Kota Padang. (grandinnapadang.com)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Selama penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, pengunjung hotel di Sumatera Barat meningkat hingga mencapai angka 90 persen.

"Kalau untuk Kota Padang sendiri tingkat kunjungan mencapai 90 persen dan ini peningkatan yang signifikan," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat, Maulana Yusran saat dihubungi KLIKPOSITIF , Kamis 8 Februari 2018.

baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Gugus Tugas Payakumbuh Tetap Imbau Warga Jaga Protokol Kesehatan

Dia mengatakan, peningkatan kunjungan saat HPN ini sangat berpengaruh terhadap pencatatan akhir tahun di bidang perhotelan. "Biasanya Februari ini merupakan low season dan tingkat kunjungan hanya sebanyak 50 persen. Dengan adanya HPN, ada peningkatan yang signifikan," lanjutnya.

Dia menyebut, peningkatan tersebut juga berbanding terbalik dengan bulan Januari lalu yang hanya sebanyak 70 persen saja. "Dibanding bulan Januari, peningkatannya saat ini meningkat sebanyak 20 persen," sambungnya.

baca juga: Wagub Sumbar: WN Irlandia yang Positif COVID-19 Sudah Berpindah-pindah Hotel di Padang

Meskipun hanya beberapa hari saja, dengan peningkatan yang signifikan tersebut akan membuat bidang perhotelan di Sumbar bisa bernafas lega di bulan yang biasanya sangat kurang kunjungan hotel . Kalau bicara keuntungan, tentunya hanya bisa dilihat akhir bulan atau akhir tahun nantinya.

Ditambahkannya, HPN sangat berdampak baik terhadap perhotelan di Sumatera Barat. "Kalau dampaknya pasti ada, karena peningkatan kunjungan selama tiga hari ini akan membuat surplus pada pencatatan nantinya," tutupnya.

baca juga: Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

[Halbert Caniago]

Penulis: Agusmanto