Peruntukan Zakat di Pessel Harus Sesuai Ketentuan Baznas

"dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, penyetoran zakat sudah berjalan dengan baik"
ilustrasi (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan mengimbau penyetoran zakat aparatur sipil negara (ASN) disalurkan sesuai peruntukan yang ditentukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) daerah. Dihadapan peserta Musrenbang RKPD kecamatan sudah disampaikan agar zakat sesuai ketentuan Baznas.

"Dan peruntukannya harus disalurkan sesuai dengan ketentuan yang ada," sebut Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni pada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, penyetoran zakat sudah berjalan dengan baik. Sehingga hal, itu pantas diapresiasi terhadap seluruh ASN yang telah menyetorkan zakat kepada Baznas. "Karena penyaluran zakat dari kita semua gunanya untuk daerah dan masyarakat kita juga," terangnya.

Kendati demikian, dia juga mengingatkan zakat tersebut harus diserahkan secara resmi. Seperti, penyaluran secara non tunai ke rekening bank yang diperuntukan. "Jangan sampai tidak menggunakan rekening. Nanti tidak tercatat, jadi harus disalurkan sesuai aturan tadi," jelasnya.

Lanjutnya, selain dari peruntukan zakat, setiap aktifitas yang berkaitan dengan pungutan harus mengacu regulasi. Karena, dalam pengeluaran dan penerimaan untuk untuk negara harus jelas sandaran hukumnya.

"Kalau tidak, bisa berurusan dengan penegakan hukum. Karena seluruh administrasi negara harus berjelas-jelas," pungkasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]