10 Tahun di Pasung, Warga Pessel Ini Akhirnya Dibawa Ke HB Saanin

"edi atau dengan panggilan Aciek (45), dirinya sudah mengalami gangguan jiwa sekitar 10 tahun. Selam 10 tahun itu, dirinya dipasung dan diisolasi dari lingkungan."
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Seorang warga mengalami ganguan jiwa di Sei Sariek Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan dibawa Ketua TP-PPK Pesisir Selatan, Lisda Rawdha berobat ke Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin di Padang, Sabtu 10 Februari 2018.

Seorang pasien ganguang jiwa tersebut, diketahui bernama Dedi atau dengan panggilan Aciek (45), dirinya sudah mengalami gangguan jiwa sekitar 10 tahun. Selam 10 tahun itu, dirinya dipasung dan diisolasi dari lingkungan.

Saat Lisda datang menjengut, dan berniat untuk membawanya ke rumah sakit jiwa, pria paruh baya itu bertingkah seperti orang normal biasanya. Bahkan, saat diajak berbicara komunikasipun tampak jalan seperti biasanya.

Setelah dilepas dari pasung yang mengisolasinya, kondisi Aciek tampak memprihatikan. Karena kedua kakinya, terlihat tak berdaya dan mengalami kelumpuhan.

"Aciak lumpuh karena dipasung, Sebab sering dianggap berperilaku aneh. Kondisi itu terpaksa dilakukan sebab dikhawatirkan pergi kemana-mana," sebut Lisda Rawdha disela-sela menjemput Aciek.

Menurut Lisda Rawdha, kondisi Aciek tidak bisa dibiarkan untuk terus diisolasi karena ganguan jiwa yang dialaminya. Aciek, harus ditangani serius dengan membawanya ke rumah sakit jiwa untuk merawat kondisinya.

"Sudah persetujuan keluarga sendiri, karena selama ini terkendala biaya. Dan saat ini kita akan uruskan BPJSnya, dan biaya transportasi sementara ini seperti makan kita yang tanggung melalui program dari Dunsanak Mambantu Dunsanak (DMD),"jelas Lisda.

Selain mebawa Aciek yang termasuk dari salah satu keluarga kurang mampu dalam perawatan orang ganguan jiwa. Lisda Rawdha juga telah mencatat 21 pesien lainnya untuk dibawa juga ke rumah sakit jiwa Padang.

"Semuanya yang terdata ada 22 data yang termasuk pasien yang gangguan jiwa yang di pasung. Hari ini 1 diantaranya Aciek yang kita bawa. Secara bertahap semua akan kita kirim juga, yang terpenting wadahnya ... Baca halaman selanjutnya