Senjata Api Rakitan Banyak Ditemukan di Agam, Ini Kata Kapolres

"Kami mengimbau masyarakat untuk menyerahkan senjata rakitan tersebut agar tidak disalahgunakan dan alhamdulillah masyarakat melakukan imbauan kami tersebut"
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal saat pemusnahan senjata api rakitan di Mapolda Sumbar (KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Kepolisian Resort Agam menjadi pengumpul terbanyak senjata api rakitan yang dimusnahkan oleh jajaran Polda Sumbar pada Senin 12 Februari 2018 di Mapolda Sumbar.

Dari jumlah senjata api sebanyak 816 pucuk, 352 pucuk senjata diantaranya berasal dari Kabupaten Agam.

"Kami mengamankan sebanyak 352 pucuk senjata rakitan yang diserahkan oleh masyarakat serta barang bukti sejak tahun 2015 lalu," ujar Kapolres Agam, AKBP Feri Suwandi.

BACA JUGA: Senjata Api Rakitan

Ia mengatakan bahwa senjata rakitan tersebut diperolehnya dari masyarakat yang menyerahkan senjata tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat untuk menyerahkan senjata rakitan tersebut agar tidak disalahgunakan dan alhamdulillah masyarakat melakukan imbauan kami tersebut," lanjutnya.

Selain itu, ia juga mengajak para ninik mamak untuk bekerja sama mengumpulkan senjata rakitan tersebut agar tidak disalahgunakan.

"Ninik mamak dan masyarakat berperan aktif dalam pengamanan senjata ini, makanya kami bisa mengumpulkan sebanyak itu," sambungnya.

Polres terbanyak kedua mengumpulkan adalah Polres Sawah Lunto sebanyak 125 pucuk, Polres 109 pucuk, Polres Dharmasraya sebanyak 74 pucuk, Polres Pariaman 30 pucuk, Polres Padang Pariaman 28 pucuk, Polres Sijunjung 22 pucuk, Polres Payakumbuh sebanyak 15 pucuk, Polres 50 Kota sebanyak 14 pucuk, Polres Pesisir Selatan dan Polres Solok masing-masing 10 pucuk, Polres Tanah Datar sebanyak 9 pucuk, Polres Pasaman Barat 7 pucuk, Polres Bukittinggi sebanyak 6 pucuk, Polres Solok Selatan sebanyak 4 pucuk dan Polres Pasaman 1 pucuk senjata rakitan.

Sementara itu, tiga Kepolisian Resort tidak ikut berpartisipasi dalam pengumpulan senjata tersebut. Tiga Polres itu adalah Polresta Padang, Polres Padang Panjang dan Polres Mentawai. [Halbert ... Baca halaman selanjutnya