Tiga Warga Ditangkap, Kaum Ibu dan Anak-Anak Jalan Kaki Datangi PN Padang

"Saat sampai di kantor PN Padang, puluhan massa langsung menggelar aksi damai untuk mengajukan permohonan praperadilan"
Peserta aksi damai di Pengadilan Negeri Padang (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Puluhan warga Tabek Lanyek, Jorong Gurah, Nagari Batu Bajanjang, Lembang Jaya, Kabupaten Solok mendatangi kantor Pengadilan Negeri Padang pada Selasa 13 Februari 2018 siang.

Kedatangan mereka untuk menuntut praperadilan terkait penangkapan tiga warga daerah itu pekan lalu oleh Polda Sumbar.

Aksi yang dilakukan oleh massa yang didominasi oleh ibu-ibu dan anak-anak itu dimulai dari kantor Komnas HAM jalan Rasuna Said, Padang Barat.

Dari sana puluhan kaum ibu dan anak-anak tersebut kemudian berjalan kaki ke kantor Pengadilan Negeri Padang yang berjarak sekitar satu kilometer dari kantor Komnas HAM.

Saat sampai di kantor PN Padang, puluhan massa langsung menggelar aksi damai untuk mengajukan permohonan praperadilan pasca penangkapan tiga warga merak yang berinisial Y (51), H (25), dan A (30).

Tiga warga tersebut ditangkap oleh Polda Sumbar pada pekan lalu atas dugaan aksi pengerusakan dan pembakaran satu unit mobil yang dikendarai oleh karyawan PT Hitary Daya Energi.

Dalam aksi, Kuasa Hukum dari Advokasi Masyarakat Adat Gunung Talang, Aulia Rizal menyebut, penangkapan salah seorang dari tiga warga tersebut cacat hukum.

"Khusus penangkapan tersangka yang bernama Ayu Dasril atau yang berinisial A tersebut tidak sah, karena melanggar KUHP, UU nomor 8 tahun 1981, dan putusan MK nomor 21 PUU-12 tahun 2014 yang dikeluarkan April 2015," katanya pada KLIKPOSITIF.

Selain itu, Ayu Dasril menurutnya juga tidak bisa digugat baik itu secara pidana ataupun perdata, karena merupakan pejuang lingkungan yang juga dilindungi UU Lingkungan Hidup nomor 32 tahun 2009.

"Ayu Dasril juga seorang paralegal yang diatur UU bantuan hukum no 16 tahun 2011. Kami mengharapkan permohonan diterima dan diregistrasi oleh PN," ungkap pria yang akrab dipanggil Paul itu.

Dalam kumpulan massa aksi tampak hadir Budiman (53) keluarga dari Ayu Dasril. Ia ikut turun memperjuangkan keadilan ... Baca halaman selanjutnya