Serangan Ulat Aneh Resahkan Warga Kubang Putiah Agam

"Belum diketahui pasti jenis ulat ini"
Ulat yang menyerang Kubang Putiah (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Warga di Jorong Kampuang Nan Limo, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu, Agam-Sumbar, diresahkan oleh serangan ulat yang belum diketahui jenisnya.

Ulat yang muncul dalam sepekan terakhir, tanpa ampun menggasak beberapa pohon pelindung dan tanaman warga hingga daunnya habis.

Kehadiran ulat yang dianggap warga berbentuk aneh, dinilai sebagai ancaman.

"Baru kali ini saya melihat ulat itu, bentuknya agak aneh, entah apa jenisnya" ucap Sekuriti MTSN Kubang Putiah, Doni kepada KLIKPOSITIF, Selasa 13 Februari 2018.

Doni menyebut, hanya dalam waktu sepekan, sebatang pohon atau tanaman, sudah meranggas daunnya dimakan ulat dengan panjang 3-5 sentimeter itu.

"Sangat rakus. Ini kalau dibiarkan, bisa pindah ke tanaman lain. Itu yang kita takutkan," terangnya.

Menurut Doni, ulat itu sempat jadi pembicaraan hangat di kalangan petani maupun warga sekitar karena efeknya buruk terhadap tanaman warga.

"Sayangnya, tak ada yang tahu jenis ulat itu, yang jelas warnanya ada yang kuning, coklat dan hitam," sebut Doni.

Doni berharap, instansi terkait mau turun ke lapangan untuk memantau perkembangan ulat tersebut. Pantauan KLIKPOSITIF, saat ini ulat yang bagian kepalanya mirip kepala semut itu telah menyerang beberapa tanaman. Kehadiran ulat yang datang bergerombil itu cukup membuat khawatir warga.

Selain berimbas ke tanaman, ulat ini juga dikhawatirkan berdampak pada kesehatan warga, terutama anak-anak, karena dinilai bisa membuat kulit gatal-gatal saat jika tersentuh.

[Hatta Rizal]