BBPOM dan Polisi Grebek Rumah Mewah Produsen Kosmetik Ilegal di Padang

"Rumah dengan nomor 11 tersebut diduga memproduksi kosmetik secara ilegal dengan bahan-bahan berbahaya"
Penggerebekan rumah produksi kosmetik ilegal (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) bersama Kepolisian Daerah Sumatera Barat, menggerebek salah satu rumah mewah di perumahan Griya Mawar Sembada, Kelurahan Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Rabu 14 Februari 2018 pukul 18.00 WIB. 

Rumah dengan nomor 11 tersebut diduga memproduksi kosmetik secara ilegal dengan bahan-bahan berbahaya.

Pemilik rumah tersebut diketahui menggunakan beberapa bahan-bahan kosmetik berbagai jenis yang kemudin disita oleh petugas gabungan.

Saat penggerebekan tampak sejumlah barang bukti ditemukan tersimpan dengan kotak kardus dan masih berada di dalam jerigen.

Untuk kepentingan penyidikan, semua bahan kosmetik langsung dimasukan ke dalam mobil milik BBPOM. Sementara itu, pemilik rumah berinisial E terlihat tidak bisa berbuat banyak dan tidak menyangka kedatangan petugas. 

Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Padang, Antoni Asri mengatakan, penggerebekan yang dilakukan merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk pengawasan terhadap obat dan makanan.

Dalam operasi kali ni, pihaknya melakukan penindakan terhadap sarana produksi rumahan secara sendiri. 

"Produksinya mengunakan bahan dari luar negeri, kemudian dikemas di rumah ini. Ada juga produk kosmetik ilegal yang lain dijual langsung," katanya.

Terkait dengan penggerebekan tersebut pihaknya bersama Polda Sumbar akan terus mendalami terkait peredaran produk yang dimiliki oleh industri rumahan tersebut.

Begitupun kata dia dengan bahan-bahan yang digunakan apakah berbahaya bagi konsumen atau tidaknya.

"Kita akan dalami nanti. Awalnya mendapat informasi ini kita dapat dari Polda Sumbar, mudah-mudahan dengan ini dapat melindungi masyarakat terhadap produk kosmetik yang tidak layak untuk digunakan dan bisa berbahaya bagi kesehatan masyarakat," lanjut dia.

Kendati demikian, BBPOM dan Polda ... Baca halaman selanjutnya