Kemenlu Serahkan DP4 LN Lebih Cepat

"Penyerahan ini mendorong kami juga untuk bekerja tidak pada akhir waktu, kultur kita selama ini kan ya penyelenggara, ya peserta, ya pemilih semuanya persoalan diselesaikan pada akhir waktu"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Penyerahan DP4 tersebut bagian dari Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Ketua KPU, Arief Budiman dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di Ruang Pertemuan, Gedung Kemenlu, Jakarta.

Usai penandatanganan, Arief menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kemenlu. Yang dengan cepat merampungkan data warga Indonesia di luar negeri terhitung 14 bulan 13 hari sebelum hari pemungutan suara. Hal ini menurut dia telah sesuai aturan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Kami berterimakasih kepada Kemlu. Penyerahan ini mendorong kami juga untuk bekerja tidak pada akhir waktu, kultur kita selama ini kan ya penyelenggara, ya peserta, ya pemilih semuanya persoalan diselesaikan pada akhir waktu,” kata Arief.

Arief mengatakan kondisi ini membuat penyelenggara leluasa dalam mengelola data kependudukan luar negeri. Dia berharap hasil yang diperoleh nantinya juga bisa lebih maksimall. “Kemenlu membuktikan tidak harus menyerahkan di akhir waktu, tapi sebelum waktu berakhir data sudah diserahkan.Sehingga kami pun cukup waktu mengolah dan mempelajari data itu, yang kemduian akan digunakan sebagai bahan menentukan DPS sampai akhirnya penentuan DPT-nya,” lanjut mantan Anggota KPU Jawa Timur itu.

Arief juga mengapresiasi langkah Kemlu yang menyediakan sistem Smart Embassy. Dengan sistem ini dia meyakini dapat memudahkanpenyelenggaraan pesta demokrasi mendatang khususnya di luar negeri lebih terakomodir. “Kami juga dengar kabar gembira dari Kemenlu karena sudah bangun sistem Smart Embassy yang salah satu fungsinya untuk mendata WNI di luar negeri berapa jumlahnya dan berapa diantara mereka yang masuk DP4 kita,” lugasnya

Sementara itu Menlu Retno menegaskan komitmen ... Baca halaman selanjutnya